Trimester Pada Ibu Hamil, Apa itu?

Trimester Pada Ibu Hamil – Dalam kebidanan ada tiga fase masa kehamilan, tiap fase disebut trimester. Tiap fase trimester berlangsung selama tiga bulan, di mana fase perkembangan janin yang berbeda terjadi. Trimester pertama adalah waktu diferensiasi sel dasar. Trimester kedua adalah periode pertumbuhan cepat dan pematangan sistem tubuh. Janin trimester kedua yang lahir prematur mungkin bisa bertahan, tetapi membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit. Trimester ketiga menandai tahap akhir pertumbuhan janin, di mana sistem selesai, lemak terakumulasi di bawah kulit bayi yang baru lahir, dan janin akhirnya pindah ke posisi untuk kelahiran. Trimester ini berakhir dengan kelahiran.

Trimester Pada Ibu Hamil

Trimester Pada Ibu Hamil, Apa itu?
Trimester Pada Ibu Hamil, Apa itu?

Trimester Pertama (0 sampai 13 minggu)

Trimester pertama adalah yang paling penting bagi perkembangan bayi Anda. Selama periode ini, struktur tubuh dan sistem organ tubuh Anda berkembang. Sebagian besar keguguran dan cacat lahir terjadi selama periode ini.
Tubuh Anda juga mengalami perubahan besar selama trimester pertama. Perubahan ini sering menimbulkan berbagai gejala, termasuk mual, kelelahan, nyeri payudara dan sering buang air kecil. Meski ini adalah gejala kehamilan yang umum, setiap wanita memiliki pengalaman yang berbeda. Misalnya, sementara beberapa mungkin mengalami peningkatan tingkat energi selama periode ini, orang lain mungkin merasa sangat lelah dan emosional.

Trimester kedua (14 sampai 26 minggu)

Trimester kedua kehamilan sering disebut “masa emas” karena banyak efek tidak menyenangkan dari awal kehamilan hilang. Selama trimester kedua, Anda cenderung mengalami penurunan mual, pola tidur lebih baik dan tingkat energi yang meningkat. Namun, Anda mungkin mengalami gejala baru, seperti sakit punggung, sakit perut, kram kaki, sembelit dan sakit maag.
Di suatu tempat antara 16 minggu dan 20 minggu, Anda mungkin merasakan gerakan fluttering pertama bayi Anda.

Trimester Ketiga (27 sampai 40 Minggu)

Anda sekarang telah mencapai batas akhir kehamilan Anda dan mungkin sangat senang dan cemas akan kelahiran bayi Anda. Beberapa gejala fisik yang mungkin Anda alami selama periode ini meliputi sesak napas, wasir, inkontinensia urin, varises dan masalah tidur. Banyak dari gejala ini timbul dari bertambahnya ukuran rahim Anda, yang berkembang dari sekitar 2 ons sebelum kehamilan menjadi 2,5 kilogram pada saat kelahiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *