Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Menggemaskan

Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Menggemaskan – Ketika bayi berumur 6 bulan, umumnya dia telah bisa mengontrol tangannya sehingga dia sudah bisa mendorong benda yang ada di depannya. Bayi juga sudah bisa memegang benda dengan benar, lalu dia mencoba belajar memindahkan benda tersebut dari tangan kanan ke tangan kiri dan sebaliknya.

Dia juga akan senang melepaskan sebuah benda dengan cara melemparnya. Akan tetapi masih terlalu dini untuk mengetahui apakah bayi anda kidal atau tidak, biasanya ini terlihat ketika dia berumur 2 atau 3 tahun. Intinya bayi sedang belajar tentang sebab akibat dari aksi yang dia lakukan. Misalnya jika sebuah benda di lempar dia lalu mengetahui akibatnya. Proses belajar ini akan sangat menyenangkan untuk bayi. Walaupun membuat orangtua menjadi sibuk karena rumah menjadi berantakan.

Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Menggemaskan

Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Menggemaskan
Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Menggemaskan

Bayi juga sudah bisa berguling-guling ke segala arah dan bayi senang sekali melakukan itu, meskipun kadang membuat anda sedikit cemas melihatnya. Oleh karenanya jangan biarkan dia sendiri tanpa pengawasan, terutama ketika mengganti popok atau diaper. Halangi sekelilingnya dengan bantal jika bayi tidak menggunakan boks bayi.

Bayi anda juga sudah mempelajari bahwa apa saja yang dia lakukan, baik yang anda sukai ataupun yang tidak, akan membuat anda bereaksi terhadapnya. Dia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang anda. Akan tetapi ketika dia besar, dia akan melakukan hal-hal yang akan memancing kemarahan anda. Dia tidak mengatahui apakan caranya itu sebuah kenakalan atau tidak karena tujuannya adalah meraih perhatian anda.

Komunikasi

Bayi 6 bulan juga sudah dapat mendengar dan melihat seperti anda. Kemampuan berkomunikasinya tumbuh dengan cepat. Bayi berkomunikasi dengan berteriak dan berceloteh. Kebanyakan beyi berceloteh dengan mengulangi satu suku kata seperti “ba”, “ma”, “ga” dan bunyi lainnya secara berulang-ulang. Bayi juga sudah mengetahui perbedaan dari tone suara, buktinya dia akan menangis jika anda bicara dengan nada kasar. Sedikit tips untuk membuat bayi anda tertawa. Coba isi gelas sebanyak ¾ nya, lalu dengan sedotan anda buat gelembung-gelembung dengan cara meniup air. Dijamin suara yang dihasilkan akan membuat bayi tertawa.

Bayi menggunakan semua indranya untuk bereksplorasi dan mempelajari dunia disekelilingnya. Oleh karenanya pastikan benda-benda disekelilingnya adalah benda yang aman untuk dia sentuh dan dia gigit. Coba anda berikan dia bola karet yang lembut yang bisa dia remas atau mainan gigit-gigitan atau mainan yang jika ditekan akan mengeluarkan bunyi.

Untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasinya, coba anda bersama bayi membuka buku cerita bergambar, ceritakan kepadanya mengenai isinya. Meskipun dia belum mengerti perkataan anda, proses ini bisa mempererat hubungan anda dengan bayi, lagi pula bayi akan senang melihat gambar-gambar yang berwarna.

Hal yang perlu diingat setelah membaca perkembangan bayi diatas adalah bahwa setiap bayi adalah unik dan bayi akan menemukan kehidupan sosial dengan sendirinya. Perkembangan diatas adalah sebagian kecil kemajuan yang normalnya dialami oleh bayi berumur 6 bulan. Jika bayi anda belum mengalaminya kemungkinan besar sebentar lagi anda akan melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *