Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara

Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara – Faktor resiko adalah setiap faktor yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang mempunyai kemungkinan lebih besar menderita penyakit, cedera atau komplikasi. Banyak faktor yang diperkirakan akan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara diantaranya,

Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara

Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara
Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara

1. Faktor reproduksi

Beberapa faktor reproduksi yang berhubungan dengan risiko terjadinya kanker payudara adalah nuliparitas (wanita yang belum melahirkan) dan kehamilan pertama pada umur tua (kehamilan pertama diatas 30 tahun). Hal ini dikaitkan dengan fungsi payudara yang berperan optimal, begitu pula dengan hormon-hormon yang berfungsi pada proses menyusui.

Beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Faktor reproduksi lain yang mungkin berperan adalah menarche (menstruasi pertama) pada umur muda dan menopause (berhentinya menstruasi) pada umur lebih tua. Resiko utama kanker payudara adalah bertambahnya umur. Diperkirakan hanya kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopause sehingga diperkirakan awal terjadinya tumor terjadi jauh sebelum terjadinya perubahan yang terjadi pada payudara.

2. Riwayat kesehatan personal

Apabila seseorang pernah mempunyai riwayat kanker payudara pada salah satu payudaranya maka individu ini mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena kanker pada payudara satunya.

3. Pengunaan hormon

Hormone estrogen berhungan dengan terjadinya kanker payudara. Laporan dari Harvard School Of Public menyatakan bahwa terdapat peningkatan kanker payudara yang bermakna pada para pengguna terapi sulih hormone estrogen atau terapi sulih hormone pada wanita yang telah mengalami menopause.

4. Penyakit fibrikostik (tumor pada payudara)

Pada wanita yang pernah mengalami tumor pada payudara dengan diagnosis adenosis, fibroadenema dan fibrosis tidak ada peningkatan resiko terjadinya kanker payudara.

5. Obesitas (kegemukan)

Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopause. Hal ini dihubungkan dengan pola hidup wanita, khususnya kebiasaan makan dan jenis makanan yang dikomsumsi. Kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita yang gemuk pada saat menopause lebih tinggi dibandingkan dengan wanita tanpa kegemukan.

6. Radiasi

Terpapar radiasi apalagi dalam waktu lama selama atau setelah pubertas, peningkatan timbulnya resiko kanker payudara. Dari beberapa penelittian yang dilakukan disimpulkan bahwa resiko kanker radiasi berhubungan erat dengan dosis atau lama terpapar dan umur saat terjadinya paparan.

7. Riwayat keluarga dan faktor genetik

Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita. Untuk itu skrining untuk kanker payudara dilakukan. Terdapat peningkatan resiko keganasaan pada wanita yang keluarganya menderita kanker payudara. Dalam studi genetika disimpulkan bahwa kanker payudara berhubungan dengan gen tertentu.

Jika ditemukan BRCA 1, adalah sebuah gen suseptibilitas (resiko untuk menderita) kanker payudara, probabilitas (peluang) unuk terjadi kanker payudara adalah sekitar 60 % pada umur 50 tahun dan sebesar 85% pada umur 70 tahun.

8. Periode menstruasi

Wanita yang mendapat menstruasi pertama lebih awal (sebelum berumur 11 tahun) atau terlambat memasuki menopause (diatas usia 60 tahun) memiliki kemungkinan yang lebih besar munculnya kanker. Perempuan yang akan mengalaminya itu terpapar hormone reproduksi estrogen lebih lama dalam hidupnya sehingga potensi tumbuhnya kanker juga lebih besar.

>>>Tanda kanker payudara <<<

Dibawah ini ada 9 tanda-tanda yang dapat dikenali sebagai penanda adanya kanker payudara.
A. Adanya massa/benjolan pada payudara
B. Adanya benjolan dibawah ketiak
C. Perubahan ukuran payudara
D. Perubahan pada kulit payudara,seperti perubahan kulit sekitar putting, kulit menebal, terlihat warna kemerahan/orange
E. Adanya cairan yang tidak biasa yang keluar dari payudara
F. Perubahan suhu warna dan kulit,misal adanya panas, terasa hangat, dan didaerah berwarna kemerahan
G. Perubahan pada putting, seperti munculnya rasa panas
H. Pada lengan terasa ada yang mengganjal
I. Terasa nyeri atau sakit (pada daerah benjolan)

Itu tadi beberapa informasi tentang Faktor Resiko Terjadinya Kanker Payudara. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *