Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 Sampai 6 Bulan

Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 Sampai 6 Bulan – Tidak dipungkiri, kehadiran seorang bayi ditengah-tengah keluarga kita merupakan anugerah terbaik yang di berikan oleh Tuhan. Dari waktu ke waktu kita sebagai orang tua selalu mendambakan dan melihat ia tumbuh dengan baik. Nah.. bagi anda para bunda atau ayah yang sudah tidak sabar menunggu si kecil untuk tumbuh besar, anda bisa membaca ulasan dibawah ini untuk melatih tumbuh kembangnya secara maksimal dari waktu ke waktu:

Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 Sampai 6 Bulan

Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 Sampai 6 Bulan
Cara Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 Sampai 6 Bulan

Bulan ke-1

Menghabiskan banyak waktu bersama bayi anda dan lebih dekat dengannya terutama soal jarak. akan memudahkan bayi untuk fokus dan mengenali wajah anda. Terutama, ketika bayi tidak dalam keadaan tidur, sering-seringlah mendekatkan wajah anda ke wajahnya, atau tempatkan wajah anda kemana bayi memandang. Hal ini dilakukan karena bayi yang baru berusia 1 bulan biasanya belum memiliki pandangan dan fokus yang jelas.

Bulan ke-2

Pada usia 2 bulan anda bisa membantu bayi untuk bergerak dan melihat dengan memberikan tepuk tangan atau dengan menyanyikan lagu-lagu tertentu. Seiring waktu bayi akan mencoba meniru gerakan dan suara anda. Dengan begitu koordinasi antara bahasa, tangan, dan mata bayi akan berkembang. Tidak hanya itu, bayi juga akan meniru apa yang anda lakukan. Misalnya, seperti tersenyum, membuka mulut lebar-lebar, serta berbicara tepat di depan wajahnya.

Dalam beberapa bulan kedepan bayi akan segera menirukan apa yang sering anda contohkan.

Bulan ke-3

Saat bayi berusia 3 bulan, bayi akan mulai memain-mainkan tangannya serta berusaha untuk mengkoordinasikan dengan matanya. Anda dapat membantu tumbuh kembang bayi dengan memberikannya mainan kerincingan, atau mainan yang memiliki warna-warna cerah. Hal ini akan membantu otak bayi dalam mengenal dan memahami sesuatu. Biasanya bayi juga akan menikmati ketika mengangkat kepalanya atau ketika bayi mendorong menggunakan perutnya. Tidak hanya itu anda juga bisa memberikan mereka cermin untuk menginspirasinya, agar dia suka mengangkat kepalanya dan melihat mata yang berbalik menatapnya.

Bulan ke-4

Pada usia 4 bulan bayi mulai berlatih dalam bersosialisasi, serta keterampilan berbahasanya. Pada usia ini bayi mulai bisa menunjukkan emosi, mengoceh, atau ekspresi gembira. Selain itu pada usia ini bayi juga bisa marah dan merasakan geli. Tidak percaya? coba saja gelitikin, bayi akan memberikan refleks ketika merasa digelitikin.

Bulan ke-5

Pada usia 5 bulan mata dan telinga bayi mulai bekerja dengan maksimal. Pada usia ini bayi akan lebih sering mengoceh. Cobalah berbicara dan mengulangi kata-kata yang sama untuk melatihnya berkomunikasi. Ulangi terus kata-kata yang ingin anda dengar dari mulutnya atau sebutkan nama-nama benda yang ada di sekitarnya. Ini adalah salah satu cara untuk membantunya dalam berbicara.

Bulan ke-6

Pada usia 6 bulan biasanya bayi akan mulai belajar keseimbangan, salah satunya adalah dengan belajar duduk dan merangkak. Cara melatih bayi yang mulai belajar duduk dan merangkak adalah dengan menempatkan beberapa mainan di sekitarnya. Selain itu anda bisa menjauhkan jarak mainan-mainan yang dia sukai agar bayi terdorong untuk meraih dan menjangkaunya. Pada usia ini, bayi juga biasanya akan sangat suka memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Pastikan untuk memberikan bayi mainan yang memiliki dimensi lebih dari 4 cm dan memiliki label aman.

Bunda bisa mempraktekkan cara melatih tumbuh kembang bayi 1 sampai 6 bulan dengan kegiatan-kegiatan diatas sesuai dengan kemapuan sang bayi. Ingat bunda.. tidak semua bayi sama, anda tidak perlu khawatir jika bayi anda belum memiliki kemampuan seperti kebanyakan bayi tumbuh sesuai usianya. Berilah selalu kasih sayang terbaik untuk buah hati anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *