Beberapa Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Beberapa Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dihindari – Saat hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para ibu dalam menjaga janin yang ada dalam rahim.Selain kebutuhan yang di butuhkan janin.ternyata pada saat hamil juga ada beberapa yang harus di hindari. Beberapa pantangan untuk ibu hamil tersebut diantaranya adalah :

Beberapa Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang sangat berbahaya, alkohol termasuk minuman pantangan untuk ibu hamil dan sangat dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil.Jika alkohol di konsumsi pada saat hamil, maka dapat berakibat buruk pada janin.Yaitu dapat menjadikan IQ rendah dan dapat mengakibatkan kecacatan pada janin.

Merokok

Kita tahu pada kemasan rokok sudah tertera bahwa, rokok dapat mengganggu janin. Rokok memang tidak baik bagi tubuh ,karena dapat juga menyebabkan kanker.

Diet

Saat hamil adalah wajar ketika terjadi perubahan bentuk pada tubuh.Namun tidak usah khawatir, karena pada saat kelahiran nanti tubuh ibu akan kembali saat melakukan olahraga.Salah satu pantangan untuk ibu hamil yang harus dihindari yaitu diet saat hamil.Ini karena janin dapat kekurangan nutrisi yang di butuhkan, sehingga dapat mengganggu perkembangan janin.

Antifitas terlalu berat

Pada saat hamil sebaiknya hindari melakukan aktifitas yang terlalu berat, ini karena kondisi rahim ibu yang tidak diketahui, apakah kuat atau tidak kuat.Jika melakukan aktifitas yang terlalu berat dapat mengakibatkan keguguran.

Stress

Beberapa Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dihindari
Beberapa Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Stress merupakan pantangan untuk ibu hamilyang harus dihindari selama masa kehamilan. Stres dapat menyebabkan keguguran.Sebaiknya jauhkan hal-hal pemicu stres. Misalnya seperti pekerjaan yang berat dan lain sebagainya.

Kosmetik

Biasanya pada saat hamil, ibu akan di sarankan untuk tidak memakai kosmetik yang mengandung pemutih. Ini dikarenakan kosmetik yang mengandung pemutih dikhawatirkan mengandung merkuri karena yang dapat berakibat buruk bagi janin.

Daging kambing

Daging memang sangat baik untuk ibu hamil.Namun tidak dengan daging kambing.Daging kambing merupakan makanan pantangan untuk ibu hamil.Jadi sebaiknya dihindari.

Nanas

Nanas merupakan buah yang dipercaya dapat menggugurkan kandungan.

Makanan mentah

Masaklah makanan dengan baik dan jaga kebersihannya. Makanan mentah atau yang masih setengah matang harus dihindari oleh ibu hamil, karena makanan yang masih mentah atau setengah matang terkadang masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati. Bakteri dan virus tersebut dapat berpengaruh kepada pertumbuhan janin.

Pemanis sintesis

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis sintesis juga merupakan pantangan untuk ibu hamil.Wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis sintetis atau pemanis buatan. Hal ini dikarenakan pemanis buatan tidak baik bagi kesehatan janin yang dikandung.

Kafein atau kopi

Kafein merupakan sesuatu yang biasanya terkandung dalam kopi dan membuat tidak mengantuk.Kafein yang banyak terkandung dalam minuman kopi ini, tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.Hal ini dikarenakan kafein bisa mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan kecil.Kopi yang tidak berkafeinpun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tetap tidak baik.Jadi hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein pada saat hamil.

Daging olahan

Daging olahan juga merupakan makanan pantangan untuk ibu hamil.Daging olahan dikhawatirkan mengandung bahan kimia berbahaya.Mengkonsumsi daging olahan berhubungan erat dengan resiko janin mati muda.Maka dari itu, wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Itulah beberapa pantangan untuk ibu hamil yang harus anda hindari. Dengan menghindari pantangan tersebut, kesehatan tubuh anda dan juga janin akan tetap terjaga. Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan janin juga akan berjalan dengan lancar sampai proses kelahiran nanti. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *