Bayi 4 Bulan Dan Perkembangannya

Bayi 4 Bulan Dan Perkembangannya – Tak terasa bayi anda sekarang telah berumur 4 bulan. Setiap harinya anda akan menemukan sesuatu yang baru yang bisa dilakukan oleh bayi anda.Suara ketawanya mungkin yang paling menonjol dari segala kemajuan yang dia alami. Berikut ini kemampuan lain yang normalnya terjadi pada bayi berumur 4 bulan.

Bayi anda sudah bisa tengkurap. Ketika dalam posisi tengkurap, bayi akan mengangkat kepala dan bahunya dengan bertumpu pada kedua tangannya. Posisi ini memperkuat otot-otonya dan membuatnya bisa melihat ke semua arah. Yang mungkin bisa membuat anda terkejut adalah sekarang dia telah bisa berguling-guling untuk berpindah tempat. Pancing dia untuk berguling dengan cara menaruhkan mainan di sampingnya dan beri dia applause jika dia berhasil melakukannya, dengan begitu dia akan terpancing untuk melakukannya lagi.

Bayi 4 Bulan Dan Perkembangannya

Bayi 4 Bulan Dan Perkembangannya
Bayi 4 Bulan Dan Perkembangannya

Pada umur 4 bulan, bayi anda sudah bisa memegang sebuah benda meskipun kadang benda itu terlepas karena bayi belum kuat memegangnya. Ketika ia berhasil memegang sebuah benda, dia akan mempelajarinnya sebentar lalu memasukkannya ke dalam mulutnya. Perkenalkan bayi anda dengan berbagai macam benda dan biarkan dia berekplorasi. Mainan seperti gym untuk bayi dengan banyak mainan berwrna bergantung di atasnya, sangat cocok untuk bayi pada usia ini.

Bayi anda juga sudah bisa bermain sendiri. Adakalanya mungkin anda bertanya-tanya, kenapa tidak ada suara bayi anda di tempat tidurnya, dan ketika anda lihat ternyata dia sedang bermain dengan tangan dan kakinya sendiri.

Komunikasi

Perkembangan lainnya adalah kemampuanya berkomunikasi. Dari 4 bulan sampai dengan 6 bulan bayi sedang mencoba menyuarakan kata-kata vokal seperti ma-ma atau pa-pa. Dia juga sudah bisa mengulang kata-kata yang anda suarakan, misalnya jika anda mengatakan boo ,maka bayi juga akan mencoba menyuarakannya juga. Anda bisa mengembangkan kemampuannya berkomunikasi dengan cara mengikuti atau mengulang kata-kata yang dia ucapkan dan menirukan mimiknya. Dengan melihat reaksi anda ketika dia mengeluarkan suara. Bayi akan memahami bahwa bersuara atau bahasa itu penting dan dia mulai mempelajari sebab akibat dari sebuah kata. Bayi mulai menyadari bahwa apa yang di suarakannya bisa berpengaruh terhadap orang disekitarnya.

Pada usia 4 bulan, bayi juga mulai bisa mengapresiasi warna. Sebenarnya bayi sudah bisa melihat warna sejak dia lahir, akan tetapi dia kesulitan membedakan warna-warna yang mempunyai tone yang sama seperti warna orange dan merah. Antara 2 sampai 4 bulan, perbedaan-perbedaan itu menjadi semakin jelas buat bayi dan dia sudah bisa membedakan warna-warna.

Bayi anda juga sudah bisa mengetahui kehadiran, suara bahkan ekspresi wajah anda dan orang dekat lainnya, dengan cara menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Bayi anda yang sebelumnya mudah terseyum kepada semua orang yang ditemuinya, sekarang dia mulai memilih-milih siapa yang menjadi temannya. Biasanya dia menjadi tidak nyaman dengan banyak orang disekelilingnya atau dengan orang yang baru ia temui.

Hal yang perlu diingat setelah membaca perkembangan bayi diatas adalah bahwa setiap bayi adalah unik dan bayi akan menemukan kehidupan sosial dengan sendirinya. Perkembangan diatas adalah sebagian kecil kemajuan yang normalnya dialami oleh bayi berumur 4 bulan. Jika bayi anda belum mengalaminya kemungkinan besar sebentar lagi anda akan melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *