Perkembangan Bayi 11 Bulan Yang Tidak Mau Diam

Bayi 11 Bulan Yang Tidak Mau Diam – Bayi anda sudah berumur 11 bulan? Bayi Anda mulai mencoba berjalan dengan berpegangan kepada apa saja di sekelilingnya dan kadang-kadang mulai mencoba berjalan tampa berpegangan. Bayi mulai menemukan kesenangan dalam proses belajar berjalan ini sehingga dia yang tidak kenal takut, akan melakukan experiment/percobaan sesukanya, misalnya berdiri di di jari kaki atau pada satu kaki.

Bayi 11 Bulan Yang Tidak Mau Diam

Perkembangan Bayi 11 Bulan Yang Tidak Mau Diam
Perkembangan Bayi 11 Bulan Yang Tidak Mau Diam

Bayi 11 bulan juga mulai suka berusaha menaiki sesuatu, misalnya mencoba naik ke kursi, kotak pakaian, meja dan lain-lain. Artinya bayi Anda sedang bereksplorasi. Percaya atau tidak, bayi Anda melakukan perhitungan ketika akan menaiki sesuatu. Jadi sebaiknya jangan ada sesuatu yang mudah untuk di naiki oleh bayi Anda. Misalnya sebaiknya meja tv tidak lah rendah karena akan memancing insting eksplorasi bayi sehingga bayi akan menaikinya.

Bermain adalah saaat dimana dia bisa belajar mengangkat kepalanya, mempelajari isyarat-isyarat verbal dan belajar dunia disekelilingnya.Semakin Anda berinteraksi dan bermain dengan bayi Anda, semakin cepat perkembangan intelektual, emosional, sosial, dan fisiknya.
Kemampuan koordinasi tangan dan mata bayi 11 bulan juga sudah mulai membaik.

Permainan balok susun berwarna sangat cocok untuk mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangannya. Bayi akan menikmati mengatur mainan berdasarkan ukuran dan warnanya lalu mengacak-caknya dan memasang kembali. Artinya bayi 11 bulan mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan senang bereksperimen dengan hal-hal disekelilingnya. Bayi juga mulai tertarik akan warna. Coba mulai tunjukkan buku-buku anak kepadanya.

Permainan Untuk Bayi 11 Bulan

Di 11 bulan adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan bayi anda dengan permainan-permainan yang bisa meningkatkan kemampuan motorik bayi Anda, terutama kemampuan memegang,menggenggam sebuah benda. Bayi 11 bulan akan senang sekali mengambil dan melempar benda, oleh karena itu berilah dia kotak yang berisikan mainan dan biarkan dia mengeluarkan dan melembar mainan-mainan itu.Mainan seperti menumpuk puzzle,cincin atau cangkir akan membantu mendorong keterampilan persepsi bayi Anda (meskipun pada awalnya dia mungkin lebih tertarik bermain dengan potongan-potongan terpisah daripada di susun mereka dengan benar).

Kemampuan berkomunikasinyapun semakin membaik. Anda mulai bisa bercakap-cakap dengan bayi Anda meskipun Anda mungkin tidak mengerti ucapannya. Tapi bayi mulai bisa merespon jika diajak berbicara. Bayi pun mulai bisa focus kepada Anda jika sedang di ajak berbicara. Tunjukkan reaksi seakan-akan Anda mengerti apa yang dia ucapkan. Dengan cara itu maka akan mendorong minatnya untuk berbicara.

Komunikasi

Untuk mengembangkan kemampuannya berkomunikasi, sebaiknya jangan berhenti menyebutkan nama-nama benda dan hal-hal lain kepadanya. Misalnya menghitung anak tangga bersamanya ketika menaiki tangga, menyebutkan warna dan nama buah-buahan ketika Anda mengajaknya berbelanja di toko. Atau sesekali mintalah pendapatnya, misalnya tanyakan apakah dia mau pakai baju merah atau kuning. Bayi anda mungkin tidak akan menjawab, tapi cara tersebut akan merangsang kemampuan berkomunikasinya.Di umur 11 bulan, bayi Anda mulai mengerti perintah-perintah sederhana misalnya “tidak” atau “jangan”. Tapi bukan berarti bayi Anda akan mengerjakan sesuai yang diperintahkan. Coba gunakan kata “tidak” sesekali saja atau jika bayi melakukan hal yang berbahaya saja. Atau jika dia tetap tidak mau, coba alihkan perhatiannya.

Keinginan bayi Anda untuk mengeksplorasi lebih kuat dari keinginannya untuk mendengarkan peringatan Anda, jadi terserah kepada Anda untuk melindungi dan mengajar dia. Karena sebenarnya bayi Anda bukanya membangkang perintah Anda, tapi dia sedang belajar mengenai segala sesuatu di sekelilingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *