5 Kebiasaan Bayi Yang Harus Anda Tahu

5 Kebiasaan Bayi Yang Harus Anda Tahu – Ada beberapa kebiasaan bayi yang wajib diketahui oleh Anda, para ibu muda atau ibu baru. Mengenali dan memperhatikan kebiasaan bayi sangat penting untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan bayi Anda.

Biasanya seorang ibu yang baru melahirkan, terutama anak pertama, seringkali merasa bingung dalam menghadapi tingkah polah bayi. Sehingga mereka seringkali mengambil keputusan yang salah. Dan ujung-ujungnya tindakan para ibu muda dapat menyebabkan bayi Anda kekurangan nutrisi atau hal yang lainnya.

5 Kebiasaan Bayi Yang Harus Anda Tahu

5 Kebiasaan Bayi Yang Harus Anda Tahu
5 Kebiasaan Bayi Yang Harus Anda Tahu

Berikut adalah 5 (lima) kebiasaan bayi yang wajib Anda tahu agar anda dapat memberinya penanganan yang tepat.

Bayi tiba-tiba rewel

Seorang bayi tentu saja hanya bisa menangis untuk mengungkapkan apapun yang ia rasakan dan inginkan. Seorang ibu biasanya dapat merasakan apa penyebab bayi rewel. Akan tetapi, beberapa di antara ibu-ibu baru tidak mengetahui dengan jelas apa penyebab bayi rewel baik pada malam hari maupun siang hari.

Masuk angin

Masuk angin dapat perut bayi jadi kembung dan terasa sakit. Hal ini disebabkan karena bayi terlalu banyak terkena kipas angin, atau pendingin ruangan.

Penting untuk menjaga bayi tetap hangat dan memberikannya minyak telon atau pakaian yang dapat melindungi dirinya dari udara yang dingin.

Selain itu dalam beberapa kasus bayi juga seringkali rewel karena mengantuk dan tidak bisa tidur. Seorang bayi akan menangis ketika ia merasa kesulitan untuk memejamkan matanya dan membutuhkan kasih sayang serta tempat yang membuatnya merasa nyaman.
Penyebab bayi rewel selanjutnya bisa disebabkan karena bayi merasa haus atau lapar. Pastikan Anda memiliki jadwal yang pasti kapan harus menyusui agar Anda bisa mengetahui dengan persis mengapa seorang anak menangis jika Anda terlambat menyusui.
Setelah menyusu, bayi tetap meminum susu dari botol (Dot) yang ditawarkan
Beberapa bayi memiliki kebiasaan yang kuat terutama dalam hisap-menghisap sehingga dia akan menghisap apapun yang Anda berikan. Mulai dari puting susu, jarinya, bahkan botol susu yang ada berikan.

Jika hal tersebut terjadi pada bayi Anda, khususnya yang baru saja selesai menyusui, hal itu tidak menandakan bahwa bayi tersebut benar-benar lapar dan ingin menyusu.

Frekuensi bayi menyusu, menurun

Seiring bertambahnya usia dan perkembangan bayi, biasanya mereka akan menyusu lebih cepat dan lebih jarang. Hal ini sebenarnya wajar karena bayi sudah mulai bisa menahan lapar dan menyimpan banyak makanan di lambungnya, ini didukung oleh kemampuan bayi untuk menghisap dalam waktu yang lebih singkat dan volume yang lebih banyak.

Bayi menyusu sepanjang waktu

Ada beberapa bayi yang memang memiliki kebiasaan untuk menyusu dalam waktu yang sangat lama. Hal ini bukan disebabkan karena lapar. Biasanya disebabkan karena bayi ingin lebih dekat dengan Anda. Jangan memberikan susu formula atau susu dari botol karena hal tersebut bertentangan dengan tujuan dari anak itu sendiri, yaitu ingin dekat dengan Anda.

Selain itu, ASI sangat mudah untuk dicerna oleh bayi sehingga seorang bayi bisa merasa lapar hanya dalam waktu beberapa jam ke depan.

Bayi tidur terus-menerus

Bayi baru lahir atau bayi yang baru berusia berapa minggu biasanya akan banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Seringkali seorang ibu muda atau ibu yang baru memiliki anak pertama tidak mengetahui hal tersebut. Pada masa-masa ini, bayi harus selalu dibangunkan setiap 2 jam sekali untuk diberi ASI. Untuk membangunannya, Anda bisa melakukan beberapa cara mulai dari menggelitik kakinya atau menggelitik di bagian bawah dagunya.

Selang beberapa saat biasanya bayi akan tertidur kembali, disinilah peran aktif seorang ibu untuk lebih peka dalam memberikan ASI hingga bayi kenyang. Jangan tertipu dengan bayi yang tidur ketika sedang menyusui.

Itu tadi beberapa kebiasaan bayi yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *