5 Hal Yang Sering Terjadi Di Trisemester Pertama Kehamilan

5 Hal Yang Sering Terjadi Di Trisemester Pertama Kehamilan – Banyak orang mengatakan bahwa pada trisemester pertama kehamilan merupakan saat yang sangat membahagiakan. Terutama bagi pasangan yang baru pertama kali hamil. Anda akan mulai melihat banyak sekali perubahan-perubahan pada diri anda mulai dari bentuk tubuh dan emosi.

5 Hal Yang Sering Terjadi Di Trisemester Pertama Kehamilan

5 Hal Yang Sering Terjadi Di Trisemester Pertama Kehamilan
5 Hal Yang Sering Terjadi Di Trisemester Pertama Kehamilan

Banyak yang merasa mereka sedang memiliki kehamilan yang normal dan baik-baik saja. Namun, ada beberapa wanita yang mungkin memiliki masalah selamat awal-awal kehamilan diantaranya adalah. Rasa mual yang terus-menerus, pendarahan hebat, dan keputihan yang tidak biasa. Jika anda menemukan beberapa masalah tersebut terjadi pada anda, tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi atau menghubungi dokter sesegera mungkin.

Beberapa orang mungkin akan mengabaikan masalah ini. Akan tetapi, jangan sampai anda melakukannya! Mengabaikan hal yang merupakan tanda bahwa sesuatu yang mungkin bisa menjadi masalah besar bagi diri anda dan bayi di kemudian hari bisa sangat berbahaya.

Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengurus diri sendiri dan kandungan merupakan bagian penting dari kehamilan itu sendiri. Selain anda dan keluarga, anda juga membutuhkan seorang ahli atau dokter dan bidan untuk memberikan beberapa nasehat yang baik tentang kehamilan.

Berikut adalah 5 masalah yang mungkin kita hadapi pada trisemester pertama kehamilan :

1 Pendarahan pada miss v

Pendarahan yang terjadi pada vagina yang mungkin berupa bercak-bercak biasa, tidak perlu anda khawatirkan. Tapi, jika pendarahan tersebut adalah pendarahan yang berat, bisa jadi hal tersebut menandakan anda mengalami keguguran.

Jika anda mengalami pendarahan yang disertai dengan kram, bisa jadi itu adalah tanda anda terancam keguguran. Akan tetapi, jika rasa sakit yang anda alami terjadi di bagian bawah perut. Mungkin hal tersebut merupakan tanda kehamilan ektopik yaitu telur yang dibuahi diluar rahim biasanya di tuba falopi.

Apa yang harus anda lakukan ketika hal tersebut terjadi?

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungi atau memanggil dokter untuk melakukan USG serta beberapa tes berdasarkan gejala yang anda alami. Walaupun sebagian bercak merah atau pendarahan mungkin tidak menjadi masalah serius, penting untuk tidak mengabaikan hal tersebut.

Terutama bercak darah yang diikuti oleh kram, sakit perut, atau pendarahan hebat.

2 Mual dan muntah berlebihan

Mual dan muntah atau morning sickness merupakan sesuatu yang normal terjadi pada trisemester pertama. Masalah ini banyak oleh wanita hamil.

Akan tetapi, jika mual dan muntah yang anda alami terlalu sering hingga membuat anda dehidrasi. Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan.

Mual dan muntah yang terus-menerus dapat menyebabkan beberapa masalah diantaranya adalah dehidrasi, pusing, dan ketidak seimbangan elektrolit. Jika hal tersebut terjadi pada anda, anda dapat meminta saran dokter atau meminta rawat inap jika hal tersebut dibutuhkan.

Yang perlu di catat adalah, muntah dan mual pada saat kehamilan merupakan sesuatu yang normal terjadi. Akan tetapi bagi sebagian wanita, mereka mungkin akan mengalami muntah dan mual dalam jumlah yang tidak wajar.

3 Demam tinggi

Demam tinggi yang mencapai 38 derajat celcius selama kehamilan mungkin merupakan sebuah masalah yang harus anda anggap serius. Jika hal tersebut terjadi pada anda, mungkin ini adalah tanda infeksi yang dapat berpengaruh kepada janin.

Demam selama kehamilan yang disertai dengan ruam dan nyeri sendi adalah tanda infeksi sitomegalovirus, toksoplasma, dan parvovirus. Infeksi sitomegalovirus biasanya dapat menyebabkan tuli.

Apabila anda mengalami demam yang diikuti dengan gangguan pernafasan, sakit pada badan, flu, ruam, dan nyeri sendi. Mungkin itu menandakan bahwa anda membutuhkan vaksin flu.

Akan tetapi, bagi seorang ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mendapatkan vaksin flu.

4 Keputihan yang tidak biasa

Keputihan yang terjadi pada wanita dan wanita hamil adalah hal biasa. Akan tetapi, apabila keputihan tersebut terlihat tidak normal, atau tidak seperti yang sering anda alami. Ini mungkin sebuah tanda bahwa terdapat sebuah infeksi.

Apakah infeksi tersebut dapat membahayakan janin? Infeksi tersebut mungkin saja bisa membahayakan janin.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Anda harus hubungi dokter dan memberitahukan masalah yang anda alami, jangan malu untuk menceritakan apapun keluhan yang anda miliki. Mungkin dengan beberapa pemeriksaan dan pengobatan, anda dan bayi akan menjadi lebih aman dan sehat.

5 Nyeri ketika buang air kecil​

Nyeri yang terjadi pada saat anda buang air kecil biasanya merupakan tanda bahwa anda memiliki masalah infeksi pada kantong kemih. Jika tidak segera ditangani masalah ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius seperti kelahiran prematur.

Inilah 5 hal yang sering terjadi di trisemester pertama kehamilan semoga membantu. Datanglah ke dokter untuk meminta saran dan pengobatan dan pastikan bahwa trisemester pertama kehamilan anda tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *