5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Kedua

5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Kedua – Memasuki trimester kedua kehamilan, mual dan muntah atau morning sickness dan kelelahan yang sering menyerang pada awal kehamilan yaitu pada trisemester pertama akan mulai berkurang. Anda akan merasa seperti sedia kala pada trismester kedua ini. Trismester kedua merupakan bagian yang paling nyaman pada masa kehamilan, dimana anda bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman, serta bisa bekerja seperti biasanya.

Pada trisemester kedua ini bayi akan tumbuh dengan cepat, terutama pada minggu ke-18 hingga minggu ke-22. Anda bisa melakukan scan ultrasound untuk melihat perkembangan bayi anda. Selain itu, pada trisemester kedua ini anda sudah bisa melihat jenis kelamin bayi.

5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Kedua

5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Kedua
5 Hal Yang Sering Dialami Ibu Hamil Pada Trimester Kedua

Beberapa masalah yang mungkin sering dialami oleh mereka yang hamil pada trisemester kedua adalah.

Sakit pada punggung

Beban yang bertambah terutama pada bagian perut akan membuat punggung anda bekerja lebih keras. Sehingga, mungkin anda akan merasakan pegal dan sakit. Untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit tersebut anda dapat melakukan beberapa hal mulai dari

Duduk dengan tegak

Menggunakan sarana atau bantal untuk membuat anda nyaman
Tidur dalam posisi miring dan menyelipkan bantal di antara kaki anda
Hindari membawa sesuatu yang berat
Kenakan sepatu yang nyaman tanpa hak
Jika rasa sakit tersebut membuat anda merasa tidak nyaman, anda dapat meminta bantuan pasangan anda untuk memijat area dimana anda merasa sangat pegal. Hal tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan pegal yang anda alami.

Gusi berdarah

Setengah dari wanita hamil pada trisemester kedua mengalami pembengkakan pada gusi. Hal ini memang sering terjadi karena perubahan hormon yang mengirim lebih banyak darah ke gusi. Sehingga, membuatnya sensitif dan mudah berdarah.

Gusi akan kembali normal setelah anda melahirkan. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat memanfaatkan sikat gigi yang memiliki ujung-ujung yang lembut. Seorang wanita yang sering mengalami masalah pada gusi biasanya cenderung mengalami persalinan prematur atau masalah berat bayi lahir rendah (BBLR).

Payudara membesar

Masalah payudara yang terasa nyeri pada trisemester pertama akan berangsur berkurang pada trisemester kedua. Tetapi masalah lain muncul yaitu ukuran payudara yang membesar. Hal ini masih tergolong wajar dan normal karena payudara sedang mempersiapkan makanan atau ASI untuk bayi nantinya.

Untuk mengatasi masalah ini anda dapat memilih bra yang ukurannya lebih besar dan dapat membuat anda merasa nyaman.

Buang air kecil terus menerus

Pada trisemester kedua kehamilan, rahim akan naik dan menjauh dari rongga panggul. Selain itu, semakin besarnya kandungan akan menekan kandung kemih ibu hamil. Hal inilah yang menyebabkan anda harus atau terus menerus pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Akan tetapi, biasanya masalah ini tidak berlangsung lama dan akan segera berangsur-angsur pulih. Masalah ini akan muncul kembali pada trisemester terakhir kehamilan anda.

Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil, terutama pada trisemester kedua.
Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk :

  • Beristirahat
  • Melatih diri untuk rileks
  • Menghirup nafas yang dalam untuk menghilangkan rasa sakit di kepala.
    Mengkonsumsi aspirin atau obat sakit kepala yang lainnya sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Akan tetapi, jika sakit kepala sudah sangat mengganggu anda dapat berkonsultasi dan meminta saran dokter.

Dokter kemungkinan akan memberikan obat yang cocok bagi ibu hamil pada trisemester kedua untuk mengurangi rasa sakit di kepala anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *