16 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan

16 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan – Saat hamil, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.Tidak hanya asupan nutrisi janin, namun juga perlengkapan bayi pada saat lahir nanti.Saat usia kandungan mulai memasuki bulan terakhir, maka setiap orang tua akan mempersiapkan banyak hal untuk kelahiran anaknya. Ada banyak hal yang harus anda siapkan, seperti popok dan masih banyak lagi yang lainnya.

16 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan

16 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan
16 List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan

Di bawah ini ada beberapa list perlengkapan bayi baru lahir yang harus anda siapkan :

1. Baju bayi

Jika anda sudah mengetahui jenis kelamin si bayi, maka sebaiknya anda membeli baju yang sesuai dengan jenis kelaminnya.Pilihlah baju dengan bahan yang nyaman dan tidak membuat gerah si bayi.Karena pemilihan baju yang salah dapat membuat bayi anda rewel, jadi pilihlah kenyamanan untuk bayi.Sebaiknya siapkan baju lengan pendek dan lengan panjang untuk digunakan sesuai kondisi.Biasanya baju lengan pendek untuk di pakai pagi hari dan lengan panjang untuk sore hari.Jangan lupa siapkan jumper atau jaket untuk bayi.

2. Celana bayi

Selain baju, celana bayi juga masuk ke dalam list perlengkapan bayi baru lahir.Siapkan celana pendek maupun panjang, gunakan juga sesuai kondisi.Hindari celana yang karetnya terlalu kencang,karena dapat membuat garis pada bayi dan membuat tidak nyaman.

3. Sarung tangan bayi

Pada saat bayi lahir, biasanya bayi akan menggaruk-garuk wajahnya, sedangkan si bayi mempunyai kuku yang runcing. Sarung bayi sangat penting digunakan untuk bayi, karena dapat menghindarkan bayi dari sayatan kuku.Selain itu, sarung tangan juga berguna untuk menghangatkan tangan bayi.

4. Kaos kaki bayi

Kaos kaki bayi juga masuk ke dalam list perlengkapan bayi baru lahir. Kaos kaki ini dapat berguna untuk menghangatkan kaki bayi, karena bayi juga harus menyesuaikan kondisi rahim yang hangat dengan di luar rahim yang dingin. Maka kaos kaki penting untuk disiapkan.

5. Popok

Gunakan popok kain, karena popok kain lebih menghangatkan bayi.

6. Topi bayi

Topi bayi jangan sampai tertinggal saat anda akanmenentukan list perlengkapan bayi baru lahir. Kepala bayi masih rentan, penggunaan topi akan lebih mengamankan bayi dan menghangatkan.

7. Baby wipes

Baby wipes atau yang biasa disebut tisu basah juga perlu anda masukkan ke dalam list perlengkapan bayi baru lahir. Penggunaan tisu basah dapat membantu ketika bayi buang air kecil atau buang air besar ataupun saat melap bayi.Ibu dapat menggunakan tisu basah karena sangat efektif dalam membersihkan bayi.

8. Sabun bayi

Jangan melewatkan yang satu ini, sabun bayi digunakan setiap harinya saat bayi mandi.Sabun bayi juga dapat membersihkan kotoran yang ada pada tubuh bayi.

9. Shampoo bayi

Selain sabun, shampoo juga merupakan bagian penting untuk membersihkan rambut bayi.

10. Body lotion bayi

Ini dapat membantu melembabkan kulit bayi anda.

11. Selimut bayi

Penggunaan selimut untuk bayi sebaiknya sesuai dengan postur bayi, dan pilihlah yang ringan dan bahannya lembut, sehingga dapat membuat bayi merasa nyaman.

12. Handuk bayi

Handuk bayi berguna untuk mengeringkan bayi sesudah mandi.Pilihlah bahan yang lembut.

13. Minyak telon atau baby oil

Untuk menghangatkan tubuh bayi.

14. Perlak

Menghindari kotoran bayi langsung ke tempat yang bersih.

15. Ranjang bayi

Bila diperlukan, serta perlengkapannya seperti kasur bayi dan seprei.

16. Bantal bayi

Pilih yang sesuai ukuran.

List perlengkapan bayi baru lahir memang sangat diperlukan untuk mempersiapkan saat bayi sudah lahir nanti, agar para ibu tidak kerepotan.Demikian beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk menyambut bayi anda.Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *