Tanda-Tanda Kehamilan Yang Wajib Diketahui Wanita

Diposting pada

Apa tanda-tanda kehamilan? Setiap orang sudah tentu ingin memiliki anak atau momongan. Dan setelah melakukan usaha untuk mendapatkan momongan telah dijalani, pasti Anda ingin tahu hasilnya bukan. Biasanya orang yang hamil akan mengalami gejala mual. Karena mual saat hamil adalah hal yang umu terjadi. Namun apakah mual selalu menandakan kehamilan? Selain mual, ada tanda-tanda lain dari wanita yang sedang hamil. Selain itu saat hamil juga ditandai dengan tidak mengalami menstruasi. Namun keduanya juga belum pasti, namun secara umum adalah benar.

Ciri-ciri kehamilan

Apa ciri-ciri hamil? saathamil.com

Banyak hal yang dapat digunakan sebagai tanda-tanda kehamilan. Semakin banyak tanda-tanda yang dirasakan berarti kemungkinan hamil sudah di depan mata. Hamil akan berlangsung semenjak seorang wanita tidak mengalami masa menstruasi. Berikut adalah tanda-tanda hamil tersebut.

Tanda-tanda / Ciri-ciri Kehamilan

Perubahan pada payudara

Tanda-tanda hamil bisa dilihat dengan berubahnya payudara. Maksud perubahan payudara disini yaitu payudara menjadi terasa lebih sensitif, padat, dan lebih kencang. Selain itu, pada bagian puting, ia akan terlihat lebih menonjol dan berwarna gelap. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita.
Lebih sering buang air kecil

Pada kebanyakan wanita hamil akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Rasa ingin buang air kecil biasanya akan muncul ketika malam hari. Namun untuk tahap kehamilan yang selanjutnya, hal ini lebih ditekankan karena adanya pembesaran rahim. Sehingga kantung kemih akan tertekan.

Merasa sangat lelah

Ciri-ciri wanita hamil yang lainnya yaitu sering lelah. Kelelahan yang tanpa sebab dan tidak tertahankan ini merupakan tanda-tanda kehamilan untuk 3 bulan dari awal kehamilan. Sebaiknya, ibu hamil menghindari kafein.

Rasa sangat lelah disebabkan oleh meningkatnya progesteron yang merupakan hormon pada masa kehamilan yang sedang aktif. Selain itu terjadi juga perubahan produksi darah, detak jantung, dan metabolisme pada tubuh.

Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah tanda-tanda ibu hamil. Mual dan muntah akan sering terjadi pada sekitar sebulan setelah masa haid sudah berakhir. Mual saat hamil akan dialami sekitar 50 % dari wania hamil. Mual dapat terjadi pada waktu pagi hari. Namun ada juga yang mengalami rasa mual hampir sepanjang hari. Namun seringnya mual akan terjadi pada pagi hari, hal ini disebabkan karena pada malam hari asam lambung meningkat.

Cara mencegah mual pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengenyangkan perut sehingga tidak dalam kondisi kosong. SEbaiknya juga didukung dengan mengkonsumsi vitamin. Anda juga dapat mengkonsumsi jeruk atau permen mint. Gejala mual akan mulai hilang setelah sudah 5 bualn berlalu.

Sensitif terhadap bau

Orang yang hamil memiliki ciri-ciri sensitif terhadap bau. Hal ini terjadi pada awal masa kehamilan dan disebabkan oleh indra penciuman yang berubah menjadi tajam. Sehingga, hal ini juga dapat membuat ibu hamil merasa mau mual dan muntah. Apalagi jika mencium aroma yang kuat.

Hilangnya nafsu makan

Pada masa kehamilan, hormon beta-hCG (human chorionic gonadotrophin) mengalami peningkatan. Didukung dengan sensitifitas terhadap aroma / bau-bauan, hal ini juga dapat membuat wanita hamil tidak berselera untuk makan.

Konstipasi

Konstipasi biasa dikenal masyarakat dengan isilah sembelit. Sembelit pada ibu hamil disebabkan oleh adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Sehingga kerja dari sistem pencernaan menjadi melambat.

Suasana hati yang mudah berubah

Perubahan hormon pada ibu hamil juga dapat menyebabkan wanita menjadi merasa lebih emosional. Sehingga suasana hati dapat cepat berubah tanpa alasan jelas.

Pusing

Apakah anda kerap merasakan pusing. Pusing memang sering dirasakan di usia kehamilan yang masih awal. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tekanan darah dan juga menyempitnya pembuluh darah.

Muncul bercak darah

Kehamilan terkadang juga ditandai oleh munculnya bercak darah yang dikeluarkan oleh vagina. Kondisi seperti ini akan dirasakan oleh wanita hamil sekitar 10 hari sesudah terjadinya pembuahan.

Terlambat datang bulan
Jika seorang hamil pasti tidak akan mengalami daang bulan. Karena tidak terjadi peluruhan. Sel telur yang matang dan telah dibuahi kemudian akan menmpel pada dinding rahim. Menstruasi terjadi karena adanya peluruhan pada dinding rahim.

 

Mengecek kehamilan dengan tes kehamilan

Tanda-tanda kehamilan diatas akan lebih akurat jika melakukan tes kehamilan. Karena tidak selalu gejala-gejala diatas akan selalu berujung kehamilan. Dan beberapa wanita hamil bahkan merasakan satu gejala di atas namun tetap hamil.
Cara mengetes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan test pack. Alat ini telah dijual bebas di pasaran. Test pack mampu mendeteksi hormon hCG yang diproduksi seminggun setelah terjadi pembuahan.

Cara melakukan tes kehamilan yaitu dengan mengambil sampel urin pada pagi hari. Urin diletakan pada wadah yang bersih, selanjutnya alat test pack dicelupkan. Jika hasilnya positif maka, akan muncul dua garis merah dan hasil negatif bila muncul satu garis merah.

Jika hasil positif kemungkinan besar ini adalah akurat. Namun jika hasilnya negatif, maka ulangi tes seminggu kemudian untuk memastikan hasil tersbut. Selain mengecek dengan test pack, sebaiknya juga memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *