Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Diposting pada
Bagaimana posisi tidur ibu hamil yang baik dan benar? Seperti apakah posisi tidur ibu hamil yang nyaman serta aman bagi janin dalam kandungan?  Pertanyaan tersebut pernah ada dalam benak seseorang yang sedang dalam masa awal kehamilan. Sudah sepatutnya ibu hamil menjaga kondisi tubuh dan kondisi kehamilan dengan berbagai macam cara.
Menjaga kesehatan bukan sekedar dengan mengonsumsi makananyang sehat, namun harus memperhatikan aktivitas sehari-harinya supaya tetap nyaman itu juga penting. Karena ha yang demikian itu menjadikan masa kehamilan tidak terganggu. Ibu hamil juga penting untuk mengurangi aktivitas yang melelahkan, apalagi untuk mengangkat beban berat.
Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar
Bagaimana posisi tidur ibu hamil yang baik dan benar? saathamil.com
Posisi tidur ibu hamil perlu diperhatikan. Untuk minggu awal kehamilan mungkin Anda masih bisa tidur dengan semaunya. Namun sejalan dengan masa kehamilan, hal tersebut dapat mengakibatkan perut memiliki ukuran yang makin besar. Selain itu terjadi juga perubahan bentuk fisik. Oleh sebab itu, posisi tidur pun menjadi lebih terbatas.
Posisi tidur ibu hamil sebaiknya jangan dianggap sepele. Seiring dengan masa kehamilan janin maka membesar dan dapat menyebabkan posisi tidur menjadi serba salah. Ditambah lagi, wanita atau ibu hamil mengalami kesulitan bergerak dan mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang salah maka mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.
Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Dianjurkan
Ada beberapa orang mengatakan bahwa saat hamil, seorang wanita dapat tidur dengan posisi apa pun dan , yang terpenting adalah istirahat dengan cukup dan nyaman. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa saat hamil, posisi tidur ibu hamil harus berhati-hati untuk menghindari resiko.
Saat kandungan mulai beranjak diusia trimester kedua, maka posisi dan kondisi fisik ibu hamil biasanya mengalami perubahan. Sehingga dapat membuat tidur kurang nyaman. Saat perut mulai membesar, maka ibu hamil mulai merasa was-was dan takut.
Diusia hamil muda Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai posisi tidur. Trimester pertama, ibu hamil ini silahkan tidur dengan posisi manapun asalkan nyaman. Walau begitu, perut ibu hamil mulai membesar. Perut memiliki sistem proteksi terhadap janin dan dalam posisi apapun maka janin dapat tetap nyaman. Hal tersebut terjadi karena adanya cairan ketuban yang membuat janin memiliki ruang yang cukup untuk dapat bergerak.
Selepas trimester pertama maka perut ibu sudah lebih besar dan membuat ibu hamil kurang leluasa bergerak saat tidur. Pada kondisi ini maka ada beberapa posisi tidur yang lebih dianjurkan.
Hindari Tidur dengan Posisi Telentang
Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar
Pada saat usia kehamilan trimester kedua, terutama saat setelah bulan kelima, ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur posisi telentang. Hal ini dilarang karena, tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior dapat meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang. Sedangkan tekanan ini dapat membuat peredaran darah ke tubuh ibu menjadi terhambat.
Tertekannya vena cava inferior dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh.Vena cava inferior bertugas membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung.
Posisi Tidur yang baik bagi ibu hamil adalah Menyamping ke Kiri
Sebagian ahli menganjurkan ibu hamil tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Tidur dengan posisi menyamping ke kiri memiliki tujuan untuk memperlancar sirkulasi darah. Posisi ibu hamil yang tidur menyamping ke kiri juga membuat bagian perut lebih nyaman dan tidak ada tekanan pada organ hati.
Posisi tidur menyamping ke kiri mampu mengurangi pembengkakan pergelangan kaki, kaki, serta tangan. Hal ini dikarenakan posisi menyamping ke kiri dapat membantu ginjal bekerja leluasa untuk membersihkan zat sisa dan cairan dalm tubuh. Apabila ginjal menahan zat sisa, maka ibu hamil dimungkinkan dapat mengalami edema.
Tidur dengan Menggunakan Bantal
Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar
Bantal mampu membantu posisi tidur ibu hamil menjadi lebih nyaman. Untuk ibu hamil yang merasa sesak napas, maka letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Apabila ibu hamil sakit di ulu hati, maka letakan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi kepala lebih tinggi.
Ibu hamil juga dapat tidur dalam posisi setengah duduk agar asam lambung tidak naik. Menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, bagian perut dan punggung sebaiknya diganjal dengan bantal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *