Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Kram Perut Saat Hamil

Diposting pada
Apa penyebab kram perut saat hamil, dan bagaimana cara mengatasinya? Sebagian ibu hamil pernah mengalami kram perut. Untuk itu, penting mengetahui penyebab dan cara mengatasi kram perut saat hamil.
Kram perut akan dialami oleh sebagian ibu hamil. Kram perut pada ibu hamil dapat terjadi di bagian bawah perut, dan ini tergolong normal. Sesuai dengan perkembangan bayi dan rahim yang semakin membesar, maka ini juga akan membawa perubahan pada tubuh ibu hamil.
Cara Mengatasi Nyeri Kram Perut Saat Hamil
Kenapa perut terasa sakit saat hamil? saathamil.com
Penyebab kram perut saat hamil
1. Tekanan pada bagian otot, sendi, serta bagian pembuluh darah
Ibu hamil akan mengalami yang namanya peningkatan tekanan baik pada otot, sendi, dan juga pembuluh darah. Sehingga dengan adanya kondisi tersebut akan memicu rasa nyeri.
2. Peregangan pada ligamen
Jaringan ikat atau ligamen akan meregang. Ini bertujuan untuk mendukung perkembangan rahim. Hal ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri.
3. Gas berlebihan dalam perut
Munculnya gas yang berlebihan pada perut karena terjadi peningkatan hormon progesteron. Peningkatan hormon ini membuat otot perut lebih rileks dan akan lebih lambat dalam mencerna makanan. Rasa nyeri tak hanya terasa di perut, namun dapat menjalar ke bagian punggung dan juga dada.
4. Kram perut dapat terjadi setelah berhubungan seks
Berhubungan seks dan orgasme dapat memicu timbulnya rasa kram perut pada ibu hamil. Kram perut ini juga dapat disertai sakit pinggang ringan. Vagina dan rahim yang berdenyut pada saat orgasme dapat menimbulkan rasa kram  perut.
Cara Mengatasi Kram Perut saat Hamil
Walau kondisi kram perut pada saat hamil tergolong normal, namun kram perut saat hamil dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dilakukan untuk mengatasi kram perut pada hamil.
  1. Sebaiknya ibu hamil menghindari gerakan tiba-tiba saat terkena kram perut. Untuk membantu melegakan kram perut sebaiknya bungkukkan badan ke arah sumber sakit. Selain itu, minum air secukupnya. Kram perut dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga dapat menimbulkan timbulnya kontraksi palsu.
  2. Apabila rasa sakit terjadi karena gas pada saluran pencernaan, maka gerakan tubuh atau bisa juga dengan melakukan olahraga untuk ibu hamil. Selanjutnya mandi dengan air hangat.
  3. Jika kram perut pada ibu hamil hamil terjadi karena berhubungan seks. Yang perlu dilakukan yaitu cobalah memijat punggung secara lembut. Sebaiknya dalam melakukan hubungan seks saat hamil jangan terlalu kasar, lakukan dengan lembut dan perlahan.
  4. Kram perut dapat terjadi karena kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Kondisi ini sering terjadi pada masa trimester akhir. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara berbaring. Jika nyeri terasa di bagian kanan, maka berbaring ke arah kiri dan sebaliknya. Selain itu, angkat kaki supaya lebih tinggi dari kepala.
Kram Perut pada Ibu Hamil yang Berbahaya
Tidak semua kram perut pada ibu hamil dapat dianggap enteng. Ada juga yang perlu perhatian serius. Kram perut tersebut yaitu yang dibarengi  rasa sakit saat buang air kecil, keluar cairan abnormal atau flek atau darah dari vagina, muntah, demam, atau menggigil.
Rasa sakit pada perut pada ibu hamil juga dapat terjadi karena penyakit lain. Penyakit yang dapat meimbulkan rasa nyeri perut yaitu batu ginjal, kista ovarium, radang usus buntu, dan infeksi saluran kemih.
Untuk mendapat penangan yang lebih dalam sebaiknya segera menghubungi dokter terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *