Memelihara Kucing Saat Hamil Harus Berhati-Hati

Diposting pada

Apakah Anda sedang mengikuti program kehamilan, namun juga memelihara kucing? Banyak orang yang memelihara kucing dan banyak yang bertanya mengenai apakah kucing berbahaya terhadap kehamil. Banyak orang yang menganggap bahwa memelihara atau dekat dengan kucing saat dapat membuat mandul dan mengganggu kehamilan. Apakah hal ini benar adanya?

Memelihara Kucing Saat Hamil

Memelihara kucing saat hamil. saathamil.com

Untuk Anda yang memiliki kucing dirumah, apalagi sedang mengalami masa kehamilan, sebaiknya menjaga jarak. Kotoran kucing yang mengkontaminasi makanan mentah dapat menyebabkan beragam masalah untuk ibu hamil, diantaranya yaitu resiko keguguran, kerusakan mata dan otak pada bayi, bahkan bayi dapat mati pada saat lahir.

Kucing merupakan salah satu binatang yang dapat meningkatkan resiko toksoplasmosis. Toksoplasmosis disebabkan parasit Toxoplasma gondii. Gejala yang ditunjukan misalnya yaitu flu, kelelahan, radang tenggorokan, demam bahkan pembengkakan kelenjar getah bening. Apabila telah terinfeksi toksoplasmosis sebelum hamil, mungkin Anda akan mengalami kekebalan lebih baik sehingga mampu mengatasi masalah tersebut.

Toksoplasmosis berbahaya bagi perkembangan bayi. Hal ini dikarenakan ia akan menginfeksi janin dalam kandungan. Toksoplasmosis dapat mengakibatkan keguguran. Kucing merupakan pembawa parasit menyebabkan toksoplasmosis.

Parasit hidup dalam usus kucing. Cara menyebarnya yaitu melalui kotoran kucing. Apalagi jika kucing tersebut adalah kucnig liar yang memakan tikus yang sudah terkontaminasi. Sebenarnya bukan kucing saja yang membuat toksoplasmosis, namun daging mentah atau sayuran yang tidak dicuci juga dapat beresiko menyebabkan toksoplasmosis.

Apabila selama kehamilan ibu hamil terinfeksi toksoplasmosis, maka bayinya juga memiliki resiko untuk terinfeksi. Sebanyak 40 persen bayi dari ibu yang terkena toksoplasmosis pada masa kehamilan akan mengalami infeksi serius.

Berikut adalah beberapa tips memelihara kucing saat hamil,

  1. Jangan sentuh atau buang kotoran kucing saat hamil, sebaiknya meminta bantuan dari orang lain.
  2. memperhatikan makanan kucing yang dipelihara. ini dapat mengurangi terkena toksoplasmosis.
  3. Jauhkan kucing dari dalam ruangan keluarga atau pribadi.
  4. mencuci tangan dengan sabun. Hal ini perlu dilakukan, apalagi jika hendak makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *