Manfaat Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan dan Bahayanya

Diposting pada
Apa manfaat minyak ikan untuk ibu hamil? Masa kehamilan merupakan masa-masa kritis bagi seorang wanita. Banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yang harus diperhatikan yaitu asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa pernyataan mengenai minyak ikan hamil. Apa manfaat minyak ikan bagi ibu hamil?
Banyak orang yang beranggapan mengenai minyak ikan ini, minyak ikan bagi ibu hamil dianggap memeiliki dampak positif bagi bayi. Minyak ikan dianggap dapat menmabntu dalam perkembangan otak dan mata pada bayi, benarkah?
Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil
Apa manfaat minyak ikan untuk ibu hamil? saathamil.com
Minyak ikan memiliki kandungan yang berupa asam lemak omega-3 EPA dan juga DHA. Kedua zat tersebut penting dalam menunjang metabolisme tubuh. Minyak ikan disarankan bagi ibu hamil karena ini lebih baik dibandnming dengan mengonsumsi daging ikan yang memiliki risiko tinggi mengandung terhadap kandungan merkuri. Merkuri memang dapat tersimpan dalam daging maupun protein dalam tubuh ikan. Namun menariknya, kandungan merkuri tersebut tidak dapat berada dalam lemak ikan.
Minyak ikan bagi ibu hamil direkomendasikan dengan alasan tubuh ibu hamil masih kekurangan omega-3 EPA dan DHA. Selain itu, ditakutkan terdapat kandungan merkuri pada kandungan ikan yang dikonsumsi.
Minyak ikan pada umumnya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Suplemen minyak ikan ini juga dapat meningkatkan konsentrasi DHA pada bayi, yang ditunjukan dengan perkembangan otak bayi serta berpotensi mencegah penyakit saluran pernafasan atas saat lahir. Konsumsi minyak ikan untuk ibu menyusui juga dapat meningkatkan level energi.
Minyak ikan umumnya berbentuk gel, cairan, ataupun yang dapat dikunyah. Walaupun demikian, ada yang perlu dicermati dari produk-produk minyak ikan yang dibeli. Hal ini dikarenakan terdapat dua jenis minyak ikan.
Suplemen omega-3 yang dibuat dari tubuh ikan termasuk relatif aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun suplemen minyak ikan terbuat dari hati ikan, misalnya minyak ikan kod, yang tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Minyak dari ikan kod umumnya mengandung retinol berkadar tinggi. Zat tersebut adalah bentuk lain dari vitamin A, sedang kehadiran vitamin A dianggap dapat membahayakan bayi.
Wanita yang sedang hamil disarankan tidak mengonsumsi minyak ikan dan suplemen yang mengandung vitamin A. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi hati dan produk olahan yang terbuat dari hati. Apabila ibu hamil mengonsumsi vitamin A yang berlebihan, hal ini dapat meningkatkan risiko cacat lahir untuk bayi.
Memeriksa kadar kandungan DHA dan EPA dalam suplemen juga harus diperiksa. Suplemen minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA sebanyak 450 mg sehari adalah setara dengan mengkonsumsi 1-2 porsi ikan selama sepekan. Mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis DHA terlalu tinggi berisiko menyebabkan perdarahan. Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi minyak ikan ini mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *