Kenapa Vagina Gatal Saat Hamil?

Diposting pada
Kenapa Vagina Gatal Saat Hamil? – Vagina gatal pada saat masa hamil merupakan hal yang umum. Jadi sebenarnya tidak hanya morning sickness (mual) dan kaki bengkak saja yang umu terjadi pada wanita hamil. Jadi vagina gatal saat hamil juga umum terjadi seperti dua masalah tersebut.
Kenapa Vagina Gatal Saat Hamil?
 Apa penyebab vagina gatal saat hamil? saathamil.com
Penyebab Vagina Gatal Saat Hamil
Saat hamil, vagina gatal dapat disebabkan oleh adanya peningkatan pada produksi cairan divagina. Peningkatan ini merupakan efek dari lonjakan hormon. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan iritasi kulit vulva.
Vagina pada ibu hamil dapat terjadi karena keputihan normal. Namun, kadang juga disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini terjadi karena terganggunya keseimbangan jumlah bakteri dalam vagina. Beruntungnya, apabila infeksi dapat segera di diagnosis maka dapat memudahkan dokter untuk mengatasinya.
Penyebab vagina gatal saat hamil yang tidak serius
Vagina dalam kondisi kering dapat menimbulkan rasa gaatal. Hal ini disebaabkan karena sebenrnya vagina memerlukan cairan lebih banyak. Kondisi tersebut membuat vagina teraasa nyeri dan gatal. Sebaiknya jangan digaruk, karena akan memicu kondisi gatal yang lebih parah.
Selain kondisi vagina terlalu kering, vagina yang terlalu basah juga dapat menyebabkan reaksi gatal. Hal ini terjadi karena adanya keringat yang mengumpul pada celah vulva. dan celah selangkangan masuk ke vagina. Kulit lembab tersebut memungkinkan terjadinya iritasi dan menyebabkan kuklit gatal.
Selain kedua hal tersebut, permasalahan gatal pada vagina dapat terjadi karena iritasi terhadap lotion, detergen dan sabun yang digunakan. Ada beberapa komposisi yang meningkatkan kepekan kulit ibu hamil.
Penyebab vagina gatal saat hamil yang lebih serius
Penyebab vagina gatal yang lebih serius yaitu karena adanya infeksi mikroorganisme atau bakteri. Beberapa bakteri tersebut yaitu diantaranya kutu pubis, Bacterial Vaginosis (BV), Group B Strep (GBS), Trichomoniasis, dan infeksi ragi.
Apa yang menyebabkan vagina gatal atau membengkak selama kehamilan?
Vagina gatal dapat menjadi efek samping kehamilan yang membuat Anda semakin tidak nyaman. Penting untuk mendapatkan pemeriksaan karena gejala ini bisa menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti penyakit menular seksual.
Tips Cara Mengatasi Vagina Gatal Saat Hamil
Gunakanlah perawatan yang berbahan lembut dan non-pewangi. Hindarilah pakaian yang berbahan gatal dan tidak dapat menyerap keringat dengan baik.
Untuk mengatasi vagina gatal, anda dapat mengompres dengan air dingin. Caranya dengan ditempelkan di daerah sekitar vagina. Gunakan air dingin dan jangan air panas. Air panas justru dapat menimbulkan iritasi lebih parah.
Jagalah daerah vagina supaya bersih dan kering. Casranya dengan mengganti pakaian beberapa kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga residu keringat dan keputihan menempel kembali di kulit. Jika melakukan hubungan suami istri, sebaiknya setelahnya bersihkan vagina dengan bersih. Air mani dapat menyebabkan iritasi pada ibu hamil.
Untuk menghindari penyebaran penyakit menular seksual, yaitu dengan melakuakan uji medis. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah anda dan pasangan memiliki suatu kondisi tertentu. Sehingga jika mendapatkan kondisi tersebut akan mendapat penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *