Keluar Darah Saat Hamil Muda, Kenapa?

Diposting pada
Kenapa keluar darah saat hamil? Kenapa keluar darah padahal saat hamil 3 bulan, apa ini gejala menstruasi?

Pada masa kehamilan, seorang wanita tidak akan mengalami menstruasi. Karena pada ibu hamil kondisi hormon dan rahim tidak mendukung terjadi menstruasi. Pada ibu hamil dapat terjadi pendarahan. Dan pendarahan yang terjadi pada 3 bulan pertama biasanya adalah pendarahan normal .
Keluar Darah Saat Hamil Muda, Kenapa?
Kenapa keluar darah saat hamil? saathamil.com

Keluar darah saat hamil muda pada tiga bulan pertama harus dicermati. Ini berkaitan dengan kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama, keluar darah saat hamil dapat berarti flek atau tetesan darah yang nampak pada pakaian dalam. Kemungkinan yang kedua yaitu yaitu perdarahan yang alirannya lebih banyak. Kondisi seperti ini membutuhkan pembalut supaya darah tidak membasahi pakaian dalam.

Faktor yang mempengaruhi pendarahan saat hamil yaitu seperti hormonal, perubahan leher rahim sehingga lebih melunak dan banyak pembuluh darah.
Cara Mengatasi Keluar Darah Saat Hamil
Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluar darah saat hamil.

  • Lakukan istirahat total
  • Tidak melakukan hubungan intim semnetara waktu
  • Gunakan pembalut biasa dan jangn gunakan tampon. Hal ini bertujuan untuk mengetahui¬†jumlah perdarahan
  • Perhatian darah yang keluar. Hal ini berkaitan dengan apakah darah yang keluar semakin banyak atau tidak. Dan perhatikan juga warna darah dan apakah ada jaringan atau gumpalan yang keluar
  • Sebaiknya waspada jika pendarahan semakin deras dan menyerupai haid. Darah berwarna merah menyala, dapat juga diiringi dengan kram perut.

Untuk mengetahui penyebab yang lebih medetil maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dokter dan pemeriksaan penunjang USG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *