Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil, Kenapa?

Diposting pada
Bahayakah ibu hamil yang sering buang air kecil? Sering buang air kecil untuk ibu hamil adalah suatu hal yang wajar. Rasa ingin buang  air kecil kecil saat hamil lebih banyak dibandingkan sedang tidak hamil. Ada juga ibu hamil yang mengompol, mungkin karena memang sudah tidak tahan ingin membuang air kecil. Karena mungkin saking banyaknya ibu hamil yang mengalami sering ingin buang air kecil, banyak juga ibu hamil yang bertanya apakah berbahaya ibu hamil sering buang air kecil?
Bahayakah ibu hamil sering buang air kecil?
Apa penyebab ibu hamil sering buang air kecil?
Sering buang air kecil pad ibu hamil umumnya adalah kodisi yang normal dan wajar. Sering buang air kecil saat hamil terjadi karena rahim dan janin yang membesar, sehingga menekan kandung kemih. Kandung kemih yang tertekan inilah yang membuat volume kandung kemih berkurang. Hal ini membuat kandung kemih cepat penuh. Eeffknya ibu hamil lebih sering ingin buang air kecil.
Selain itu, ibu hamil yang sering buang air kecil juga dapat disebabkan hal-hal lain. Misalnya terjadi peningkatan volume darah yang akan disaring oleh ginjal sehingga dikeluarkan tubuh dalam bentuk urin. Selain itu peningkatan hormon progesteron saat kehamilan juga menyebabkan ginjal dan saluran kemih membesar. Ada juga penyakit yang menyebabkan sering kencing  yaitu diabetes gestasional saat kehamilan dan infeksi pada saluran kemih.
Cara Mengatasi Masalah Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil
Sebenarnya, masalah sering buang air kecil pada ibu hamil tidak bermasalah. Kondisi ini tidak bermasalah selama buang air kecil tidak disertai dengan nyeri, nyeri perut bawah, demam, dan lain sebagainya. Sedangkan, cara untuk mengurangi intensitas sering buang air kecil saat hamil ada beberapa hal yang harius dilakukan. Pertama, anda jangan menahan keinginan untuk buang air kecil, karena ini tidak baik bagi kesehatan. Selanjutnya minum cukup air putih supaya tidak terkena dehidrasi dan juga hindari kopi, soda, alkohol, dan teh.
Apabila anda dan ibu hamil lainya yang mengalami sering buang air kecil dan disertai dengan gejala lain, alangkah baiknya segera konsultasikan  degan dokter supaya ditangani lebih lanjut. Sehingga nantinya juga akan diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui terdapat infeksi / diabetes gestasional dan diberikan penanganan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *