Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Diposting pada
Bagaimana cara mengatasi sembelit pada ibu hamil? Sembelit adalah merupakan kelainan yang terjadi dalam sistem pencernaan. Masalah sistem pencernaan ini ditandai dengan munculnya rasa sakit pada bagian perut. Hal ini akan mengakibatkan buang air besar yang tidak lancar dan sulit. Sembelit juga sering dikenal dengan istilah konstipasi dalam bidang kesehatan.

Sembelit (susah buang air besar) umumnya akan dialami ibu hamil. Tentunya ibu hamil yang mengalami sembelit akan merasa tidak nyaman beraktivitas. Jika masalah sembelit pada ibu hamil ini dibiarkan begitu saja maka akan mengakibatkan wasir dan ambien.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil
Bagaimana cara mengatasi sembelit saat hamil?
cara mengatasi susah bab pada ibu hamil. saathamil.com

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit disebabkan karena rahim yang menekan usus. Sehingga ini mengakibatkan usus semakin membesar ke arah belakang. Apabila rahim membesar ke depan  maka dapat  menekan kandung kemih. Tekanan pada kandung kermih ini menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil.

Konstipasi wajar dialami pada ibu hamil. Keadaan seperti itu adalah keluhan yang sering terjadi. Walau begitu, keluhan ini juga jangan dibiarkan saja. Karena  sembelit akan membuat perasaan yang tidak nyaman. Sehingga perut akan terasa penuh, sampai kesulian buang air besar.

Dalam kondisi ini, ibu hamil tidak boleh untuk mengkonsumsi bermacam-macam obat  untuk membantu memkkudahkan buang air besar. Perlu diingat dalam diri ibu hamil terdapat calon anak yang nantijnya akan dilahirkan.  Jadi dikhawatirkan dapat membahayakan janin yang ada didalamnya.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Ibu Hamil
Berikut adalah cara mengatasi sembelit pada ibu hamil,

Kopnsumsi serat bagi ibu hamil juga penting. Dengan serat ibu hamil akan buang air besar dengan lancar. Makanan yang mengandung serat yaitu berupa buah-buahan dan sayur sayuran. Misalnya yaitu sayur bayam, Sayur wortel, buah mangga, buah pepaya, sayur tomat dan lain sebagainya.

Selain memakan makanan yang mengandung serat, sebaiknya diimbangi dengan minum air putih. Jumlah air putih yang diminum yaitu sebaqnyak 8 gelas. Ini bertujuan agar ibu hamil yang mengalammi sembelit tidak terjadi dehidrasi. Hal ini juga akan membuat cairan tubuh cukup dan menjadikan feses lebih lunak. Tentunya kondisi ini akan memudahkan buang air besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *