Bagaimana Cara Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil?

Diposting pada
Bagaimana cara mengatasi mual pada ibu hamil? Rasa mual pada ibu hamil terjadi pada trimester pertama masa kehamilan. Rasa mual tersebut dapat membuat ibu hamil malas makan. Namun ibu hamil harus tetap makan, karena dengan mengkonsumsi makanan, maka sang janin akan mendapatkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.
Rasa mual saat awal masa kehamilan? Ini adalah hal yang wajar, mengingat pada awal kehamilan terdapat adanya perubahan hormon. Namun ini bukanlah sebuah alasan yang menjadikan ibu hamil tidak makan. Karena perkembangan janin akan ditentukan pada masa-masa ini. Rasa mual kadang disertai dengan muntah, dan ini juga merupakan hal yang lumrah. Gejala ini biasa juga disebut dengan morning sickness.
Cara Atasi Mual pada Ibu Hamil
Cara mengatasi mual pada ibu hamil
Apakah gejala mual atau morning sickness ini berbahaya? Morning sickness pada ibnu hamil adalah hal yang biasa. Seperti yang sudah disampaikan bahwa penyebab mual saat hamil yaitu perubahan hormon pada tubuh sang ibu.  Bagi ibu hamil yang mengalami rasa mual pada awal kehamilan, sebaiknya tetap mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang mungkin lebih kecil. Berikut adalah cara mengatasi rasa mual pada ibu hamil.
Cara atasi mual Ibu hamil muda untuk trimester pertama
Cara mengatasi mual atau morning sickness, sebenarnya ada beberapa langkah yang sederhana dan alami. Ini tentu dapat dilakukan dengan mudah oleh para ibu hamil. Cara-cara tersebut diantaranya yaitu dengan melakukan aktivitas sederhana atau dengan mengonsumsi jenis makanan pencegah mual untuk ibu hamil.
Mengatasi mual saat hamil dengan istirahat yang cukup
Tidur yang cukup, mengurangi aktivitas sehari-hari, ataupun ambil cuti kerja selama waktu yang diperlukan. Hal ini dikarenakan beban pikiran dan stres dapat meningkatkan timbulnya rasa mual pada ibu hamil. Sehingga cara ini adalah langkah yang tepat untuk melakukannya. Ibu hamil juga harus menghindari pekerjaan yang membutuhkan tenaga.
Mengatasi mual saat hamil dengan olahraga ringan dan relaksasi
Olahraga berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh. Begitupundengan ibu hamil, walau sedang mengandung bayi ibu hamil tetap disarankan berolahraga. Namum pastinya yang dilakkukan adalah gerakan-gerakan olahraga ringan. Contoh olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yaitu jalan-jalan di pagi, dan sore hari. Atau bisa juga melakukan senam sederhana dan lain sebagainya. Aktivitas tersebut akan mengurangi rasa mual yang dirasakan . Selain itu, berolahraga akan memberikan efek positif bagi ibu hamil dan kandungannya.
Mengatasi mual saat hamil dengan mengatur pola makan sehari-hari
Apabila dalam keseharian sebelum hamil mungkin Anda memakan 3 sampai 4 kali dalam sehari sampai kenyang. Pada masa kehamilan atau saat hamil muda untuk mengurangi rasa mual sebaiknya mengubah pola makan ini. Makanlah dengan jumlah sedikit, namun frekuensinya lebih sering, hal ini dapat efektif mengurangi rasa mual. Selain itu, minumlah dengan jumlah sedikit-sedikit. Dan juga bagi ibu hamil tidak disarankan minum minuman dingin.
Mengatasi mual saat hamil dengan mengkonsumsi jahe
Cara mengatasi mual saat hamil yang berikutnya yaitu dengan mengonsumsi jahe. Tentu ini tidak mengonsumsi jahe mentah. Jahe  merupakan jenis ramuan tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Jahe ini dapat juga digunakan untuk membantu menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Cara menggunakan jahe untuk menghilangkan rasa mual yaitu dengan mencampurkan jahe dengan segelas teh hangat.
Mengatasi mual saat hamil dengan mengkonsumsi buah segar
Gantilah makanan ringan yang mungkin ada suka memakannya dengan buah-buahan yang menyehatkan. Buah-buahan tersebut menjadi salah satu jenis makanan yang dapat mencegah rasa mual saat hamil. Ibu hamil bebas memilih buah yang disukai. Lebih baik lahi mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin. Namun Perlu diingat, sebenarnya tidak semua buah akan dapat dimakan seenaknya. Ada beberapa buah seperti nanas, pepaya muda, durian, delima, dan beberapa jenis buah lainnya. Untuk makan buah-buahan ini harus berhati-hati, jikalau tidak dapat menyebabkan keguguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *