Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Diposting pada
Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil? Sakit pinggang merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Sakit pinggang tidak hanya dirasakan bagi semua ibu hamil. Pastinya sakit pinggang ini sungguh mengganggu dan merepotkan.

 

Cara Mengatasi Pinggang Sakit saat Hamil
Kenapa pada saat hamil pinggang terasa sakit? saathamil.com
Saat berat bada berambah dan masa kehamilan semakin tua, maka tualng belakang tertarik ke depan. Hal ini juga membuat tulang di daerah sekitar tulang belakang akan bekerja berat untuk menahan beban perut yang semakin membesar. Hal inilah yang membuat pinggang dan otot-otot di sekitar tulang belakang merasa nyeri.
Pegal dan nyeri pinggang yang dirasakan saat hamil karena beban yang dipikul semakin berat sebenarnya tidak ada obatnya. Karena nyeri dan pegal ini terjadi secara alami, dan kondisi seperti ini dapat sembuh secara alami.
Walau demikian, masalah pinggang sakit ini dapat diatasi dan dikurangi. Untuk mengatasi pinggang sakit yaitu dengan beristirahat cukup. Sebaiknya jangan berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama maka berat yang dipikul pinggang juga semakin meningkat, dan nyeri itu akan muncul. Ketika pinggang terasa sakit atau nyeri, maka alangkah baiknya jangan terlalu banyak bergerak.
Ibu hamil akan lebih mudah lelah jika dibandingkan dengan kondisi tidak hamil. Sebaiknya kurangi aktifitas yang berat-berat dan ambil istirahat yang cukup. Ini demi menjaga kondisi fisik sang ibu dan sang janin.
Apabila rasa nyeri yang terjadi di pinggang tidak membaik dengan mengubah posisi duduk, sebaiknya istirahat atau tidur dengan posisi tidur miring ke sebelah kiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *