Cara Mengatasi Cacar Air pada Ibu Hamil

Diposting pada

Bagaimana cara mengatasi cacar air saat hami? Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan karena infeksi virus vericella-zoaster. Sebenarnya cacar ini dapat sembuh sendiri, jadi tak perlu khawatir. Cacar ini dapat menyerang ke siapapun. Virus cacar ini dapat menular melalui udara.

Cacar air pun dapat menular pada ibu hamil. Cacar air yang menyerang ibu hamil jarang terjadi, namun jika terkena cacar maka ini mengakibatkan beberapa masalah. Apabila ibu hamil terkena cacar, ini dapat berdampak kepada janin yang ada dalam perut. Namun hal ini juga tergantung usia kehamilan.

Cara Mengatasi Cacar Air pada Ibu Hamil
Cara mengatasi cacar air pada ibu hamil. saathamil.com

Satu dari sepuluh wanita hamil yang cacar air dapat mengakibatkan gangguan terhadap pernapasan. Karena cacar ini dapat mengakibatkan terganggunya janin, maka anda sebaiknya memeriksakan keadaan kesehataan segera.

Berikut adalah risiko cacar pada ibu hamil berdasar usia kehamilan, 

Apabila cacar air menyerang ibu hamil pada usia sebelum 20 minggu kehamilan, maka cacar dapat membuat ibu hamil keguguran.  Atau bisa juga menyebabkan bayi lahir dengan tidak sempurna. Cacat bayi yang dapat terjadi misalnya kelainan kulit, kelainan jari atau mata, dan kelainan pada saluran pencernaan.

Jika cacar terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan 20 minggu, maka janin aman. Hal ini dikarenakan janin sudah memiliki antibodi dari ibu. Walau demikian ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi. Ibu hamil yang terkena cacar akan mengalami kurang nafsu makan yang meningkat dua kali lipat dibanding ibu hamil sehat.

Jika cacar air menyerang ibu hamil pada usia kehamilan trimester ketiga akan mengancam kesehatannya. Sehingga, bayi yang baru lahir harus segera diimunisasi dengan vericella zoster Immune Globulin (VZIG).

Cara mengatasi cacar air pada ibu hamil

Untuk mengatasi cacar pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengkonsumsi parasetamol. Ibu hamil juga bisa menggunakan lotion kalamin untuk mengurangi rasa gatal. Coba minum banyak air dan banyak istirahat.

Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *