Cabut Gigi Saat Hamil Bahayakah? Ini Penjelasannya

Diposting pada

Selama masa kehamilan, sebagian ibu sering mengalami sakit gigi. Sakit gigi pada saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Penyebab tersebut yaitu pengaruh hormonal tubuh dan kebiasaan jarang membersihkan gigi setelah makan. Kondisi ini didukung juga jika ibu hamil memiliki gigi berlubang sehingga lebih beresiko terkena sakit gigi. Sakit gigi saat hamil dapat menyerang untuk semua usia kehamilan. Sakit gigi saat hamil ini sangat mengganggu. Sehingga perlu mendapatkan penanganan lebih.

Salah satu cara mengatasi sakit gigi yaitu cabut gigi. Cabut gigi sering dianggap sebagai jalan pintas yang paling efektif untuk menyembuhkan sakit gigi. Apakah cabut gigi saat hamil itu aman?

obat sakit gigi untuk ibu hamil

Cabut gigi saat hamil apakah berbahaya? saathamil.com

Cabut gigi saat hamil merupakan sesuatu yang berisiko jika dilakukan. Ibu hamil yang mengalami masalah sakit gigi, sebaiknya untuk mengobatinya menggunakan bahan-bahan alami dan juga menghindari cabut gigi saat hamil. Cabut gigi saat hamil dapat beresiko menyebabkan komplikasi masalah pada kehamilan.

Cabut gigi adalah tindakan yang berat untuk janin. Pada saat cabut gigi maka ibu hamil akan dibius lokal. Pembiusan lokal bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit saat pencabutan gigi pada ibu hamil. Pembiusan ini sering kali mempengaruhi sistem metabolisme darah dan memiliki resiko ibu hamil mengalami gejala anemia ataupun hipertensi.

Apabila cabut gigi saat hamil ini dilakukan oleh ibu hamil yang menderita  anemia dan hipertensi, maka hal ini dapat mengakibatkan berat bayi lahir rendah, prematur, sampai keguguran. Walaupun cabut gigi saat hamil sering dianggap berbahaya, membiarkan sakit gigi juga tidak baik.

Apabila ibu hamil ingin melakukan cabut gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa sehingga lebih tau dan dapat merekomendasikan tindakan lebih lanjut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *