Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Flu?

Diposting pada
Bolehkah ibu hamil minum obat flu? Mengobati flu pada ibu hamil bukanlah sebuah hal yang sederhana. Hal ini dikarenakan janin dapat ikut terkena dampak. Sehingga pemilihan obat flu untuk ibu hamil harus tepat. Imunitas ibu yang sedang hamil menjadi lemah. Hal ini mengakibatkan rentan terkena flu. Penelitian mememukan flu pada ibu hamil berlangsung tiga kali atau lebih lama.
Flu yang dirasakan ibu hamil sama dengan orangpada umumnya. Gejala-gejala yang muncul yaitu batuk, sakit tenggorokan, pilek dan demam tinggi. Gejala lain yang bisa terasa yaitu lelah, muntah, diare, sakit kepala, dan rasa sakit pada tubuh.
Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Flu?
Apakah ibu hamil boleh minum obat flu? saathamil.com
Flu yang terjadi pada masa kehamilan memiliki risiko komplikasi lebih tinggi. Ia bisa komplikasi dengan penyakit lain, misalnya seperti bronkhitis dan pneumonia. Dikhawatirkan flu juga memengaruhi pertumbuhan bayi. Efek yang mungkin ditimbulkan yaitu persalinan prematur sampai berat badan lahir rendah.

 

Mengatasi Flu Ibu Hamil secara Alami
Flu pada ibu hamil dapat diobati dengan cara alami. Caranya yaitu dengan meminum banyak cairan misalnya seperti air putih, jus atau yang lainya, bisa juga memakan permen pelega tenggorokan dan terpenting beristirahat yang banyak.
Anda terganggu dengan hidung tersumbat? Cara mengatasi hidung tersumbat yaitu menggunakan mesin pelembab di ruangan maupun mandi dengan air hangat.
Batuk dan sakit tenggorokandapat diringankan, caranya berkumur menggunakan air hangat dicampur dengan sedikit garam. Bisa juga, mengonsumsi makanan hangat.

 

Penggunaan Obat Flu untuk Ibu Hamil

 

Mengkonsumsi obat sebenarnya adalah hal yang tidak dianjurkan. Ini tentu dapat dimungkinkan berefek pada jabang bayi yang dikandung. Apalagi saat mengandung pada usia 12 minggu pertama. 12 Minggu pertama merupakan masa perkembangan organ vital bayi. Ada juga yang melarang penggunaan obat sampai masa kehamilan 28 minggu.
Yang perlu diingat adalah hindari obat yang dapat mengatasu beberapa gejala sekaligus. Sebaiknya memilih satu obat untuk mengatasi satu gejala saja.
Untuk mengaasi rasa sakit dan demam, dapat digunakan obat parasetamol. Obat pseudoephedrine dapat membantu meredakan hidung tersumbat, serta dextromethorphan dapat meredakan batuk. Ada beberapa jenis obat yang sebaiknya dihindari, hal ini karena dapat meningkatkan risiko kehamilan. Obat obat tersebut adalah kodein, ibuprofen dan aspirin.
Alangkah baiknya, jika Anda ingin mengkonsumsi obat bertanya terlebih dahulu ke dokter.
Tips Mecegah Terkena Flu

 

Jika Anda belum terkena flu, atau jika nanti sudah sembuh dari flu, sebaiknya tahu cara mencegah flu datang saat kehamilan. Berikut adalah cara mencegah flu pada ibu hamil.
  • Memiliki pola makan yang sehat.
  • Jalankan tidur yang cukup
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari stres.
  • Hindari kontak dengan orang lain yang sedangterkena flu.
  • Menggunakan alat makan yang berbeda dengan orang lain.
  • Sebaiknya hindari menyentuh mata, hidung atau mulut saat tangan tidak bersih.
  • Mencuci tangan yang rajin. Lebih baik lagi bawalah hand sanitizer. Hand sanitizer digunakan saat air mengalir tidak tersedia.
Penyakit flu pada ibu hamil alangkah baiknya diatasi secara hati-hati. Apabila gejala memburuk, konsultasikanlah dengan dokter. Konsumsilah obat flu untuk ibu hamil hanya jika perlu. Sebaiknya selalu dalam pengawasan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *