Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Diposting pada
Apakah boleh ibu hamil minum kopi? Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang. Tak hanya kaum pria saja yang suka meminumnya, namun wanita juga demikian. Banyak varian rasa dan racikan kopi yang nikmat, diantaranya yaitu kopi hitam, white coffe, kopi luwak dan jenis kopi yang lain. Apakah Anda berpikir bahwa wanita hamil boleh minum kopi? Untuk wanita hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi. Perlu batasan maksimal untuk mengkonsumsi kopi. Sehingga tetap aman bagi si ibu dan calon bayi.
Apa Boleh Ibu Hamil Minum Kopi?
Bolehkah ibu hamil minum kopi (kafein)? saathamil.com
Kopi merupakan biji yang memiliki kandungan kafein. Kandungan ini lah yang dapat membahayakan calon bayi yang dikandung. Kafein mudah menembus plasenta sehingga akan berefekpada detak jantung bayi. Batasankafein yang boleh dikonsumsi ibu hamil sebanyak 200 mg per hari atau setara 2 cangkir kopi.
Risiko Minum Kopi Pada Ibu Hamil
Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Pada orang yang normal, meminum kopi yang terlalu banyak dapat menimbulkan gejala kecemasan, insomnia, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan dan tremor. Sama seperti orang biasa, ibu hamil juga dapat merasakan efek yang sama. Selain itu, efek dari kelebihan asupan kafein diduga mampu meningkatkan kemungkinan sebagai berikut:
Anemia
Kelahiran mati
Keguguran janin
Bayi lahir dengan berat badan yang rendah
Ibu hamil mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati
Berapa Sih Takaran Kafein yang Ideal Untuk Ibu Hamil?
Kopi hanya salah satu minuman yang mengandung kafein. Dan sebenarnya masih banyak makanan atau minuman yang mengandung kafein. Sehingga perlu ada batasan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi makana yang mengandung kafein. Makanan atau minuman apa saja sih yang mengandung kafein tersebut? Makan ata minuman tersebut misalnya yaitu cokelat, minuman ringan dan teh. Kafein ada juga di obat flu dan minuman pembangkit tenaga. Jadi Anda perlu memerhatikan apa yang Anda konsumsi. Bacalah informasi mengenai kandungan yang ada pada kemasan. Untuk batas maksimal konsumsi kafein untuk ibu hamil yaitu sebanyak 200 mg dalam sehari.
Kami akan sajikan jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman
60-200 mg kafein dalam secangkir kopi seduh.
140 mg kafein dalam secangkir kopi saring.
100 mg kafein dalam secangkir kopi instan.
40 mg kafein dalam sebotol soda.
75 mg kafein dalam secangkir teh.
50g cokelat mengandung 25-50 mg kafein.
Jadi alasan kopi dapat berbahaya bagi ibu hamil adalah kandungan kafeinnya. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain. Jangan konsumsi kafein melebihi batas toleransi bagi ibu hamil. Solusi untuk pecandu kopi, Anda yang sedang hamil bisa menggantinya dengan jenis minuman lain yang juga menyehatkan, misalnya adalah jus buah segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *