Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol, Amankah?

Diposting pada
Apa boleh ibu hamil makan jengkol, amankah? Masa kehamilan merupakan masa yang harus benar-benar dijaga kondisi kesehatannya. Oleh karena itu pola makan sehat juga harus dilakukan. Ada beberapa yang memang dilarang untuk dimakan dan ada juga yang dianjurkan. Hal ini bertujuan tidak hanya menjaga apa yang ada di rahim, namun juga menjaga ibu yang mengandunganya.
Mungkin Anda juga bertanya dan masih bingung, apakah makan jengkol aman saat wanita sedang hamil. Untuk itulah, kami akan sedikit memberikan pencerahan.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol, Amankah?
Apa boleh ibu hamil makan jengkol, amankah? saathamil.com
Jengkol merupakan makanan yang umum disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jengkol juga diolah menjadi beragam olahan, misalnya seperti semur jengkol atau bisa juga digunakan untuk campuran sayuran tumis.
Jengkol memiliki rasa dan aroma yang khas. Aromanya menyengat inilah yang memberikan kenikmatan tersendiri. Aroma menyengat jengkol sulit untuk dihilangkan dan tak jarang orang was-was menyantap olahan ini terutama pada saat hamil.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol?
Banyak pertanyaan mengenai makanan atau minuman apa saja yang menjadi pantangan saat lahir. Bagi wanitta para penggemar jengkol pasti resah jika mendengar kata-kata tersebut.
Sebenarnya Anda tidak usah khawatir jika ingin mengkonsumsi jengkol saat hamil. Bahkan jengkol ini memiliki manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun jika Anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, ini akan dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Selanjutnya akan kami bahas manfaat jengkol dan efek sampingnya.
Manfaat jengkol bagi ibu hamil
Mencukupi Kebutuhan Kalsium Janin
Bayi yang masih dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Untuk mencukupi kebutuhannya tersebut, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Jengkol merupakan sumber kalsium. Sehingga dalam konsumsi yang wajar jengkol justru memberi manfaat.
Mencegah Osteoporosis
Apabila kalsium untuk janin tidak tercukupi, maka calon bayi tersebut akan disuplai dari tulang dan gigi ibu hamil. Hal inilah penyebab mengapa wanita lebih sering terkena osteoporosis dibandingkan pria.  Karena jengkol merupakan sumber kalsium maka ia bermanfaat mencegah osteoporosis pada ibu hamil.
Mencegah Sembelit
Jengkol juga mengandung serat di dalamnya. Oleh karena itu ia bermanfaat mengatasi sembelit. Sembelit merupakan masalah yang umum terjadi pada ibu hamil.
Bahaya Jengkol untuk Ibu Hamil
Jengkol juga dapat membahaya kesehatan ibu hamil jika berlebihan dalam konsumsinya. Hal ini dikarenakan jengkol mengandung senyawa asam jengkolat. Asam jengkolat membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat.  Pada kondisi sudah akut, hal tersebut dapat menyebabkan ibu hamil mengalami sakit pinggang parah dan pegal pegal.
Anda boleh mengkonsumsi jengkol selama kehamilan, karena memang manfaat jengkol tersebut baik bagi ibu hamil.Tetapi harus diingat bahwa konsumsi jengkol yang berlebihan dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam mengkonsumsi jengkol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *