Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Diposting pada
Apakah durian menyebabkan keguguran saat hamil? Keinginan pada seorang ibu yang sedang hamil dan ngidam terkadang membuatkesulitan. Keinginan mengkonsumsi beberapa jenis makanan adalah umum terjadi. Namun hal tersebut harus memperhatikan situasi dan kondisi dari sang ibu dan juga janinnya.
Umunya jenis makanan yang menjadi pantangan ibu hamil merupakan makanan dengan bahan dasar ikan mentah atau dimasak setengah matang, susu dan keju yang tidak melalui pasteurisasi, minuman dengan kandungan alkohol dan membatasi minuman dengan kafein seperti kopi dan teh.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?
Buah Durian untuk Ibu Hamil
Apakah ibu hamil boleh makan durian? saathamil.com
Durian terkenal sebagai raja buah. Ini tentu karena rasanya yang lezat. Durian memiliki daging buah yang lembut. Siapa pun ingin menikmatinya, ibu hamil pun demikian. Ada juga yang mengidam buah ini. Namun, apakah boleh ibu hamil makan durian?
Durian adalah tanaman buah yang tumbuh pada daerah tropis. Durian berasal dari wilayah Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia. Durian memiliki buah dengan kulit keras dan berlekuk tajam.
Pada saat musim durian, buah pasti banyak dijual baik di pasar, supermarket dan banyalk juga yang di pinggir jalan. Durian enak dikonsumsi dalam keadaan segar, selain itu buah ini sering juga dibuat pancake, ketan dan ada juga yang mengolahnya menjadi sop durian.
Amankah Buah Durian untuk Ibu Hamil?
Pertanyaan yang selalu menakuti ibu hamil yaitu tentang makanan apa saja ang menjadi pantangannya saat hamil. Apakah buah durian adalah makanan yang menjadi pantangan saat hamil? Ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi durian. Namun, jumlah durian yang dikonsumsi jangan terlalu banyak.
Durian yang terlalu matang memiliki kandungan alkohol yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan durian yang belum terlalu matang. Jadi Anda perlu memperhatikan tingkat kematangannya. Durian juga mengandung gula. Apabila asupan gula tinggi dapat menyebabkan diabetes gestasional pada ibu hamil.
Intinya, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan apa saja, makanan tersebut termasuk durian. Namun, perlu diingat bahwa perlu diperhatikan berapaporsi yang dimakan, dan jangan terlalu banyak.
Ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan terlalu asam dan pedas. Hal ini berguna untuk mencegah asam lambung dan muntah.
Durian mempunyai kandungan gula dan karbohidrat. Pada dua buah durian dengan ukuran sedang memiliki kalori kurang lebih sebanyak 60 Kkal. Durian dianggap sebagai makanan tinggi indeks glikemik, jadi konsumsi durian perlu dibatasi.
Ibu hamil yang diabetes gestasional harus menghindari makan durian. Hal tersebut karena durian tinggi akan gula. Meskipun belum ada penelitian ilmiah mengenai hubungan konsumsi durian dengan risiko kontraksi hingga keguguran.
Lantas, bagaimana dengan ibu hamil yang ingin memakan olahan dengan bahan dasar durian?
apakah olahan berbahan durian aman bagi ibu hamil? Umumnya produk olahan durian memiliki kadar zat alkohol dan arachidonat rendah jika dibanding dengan buah durian segar. Hal tersbut bukan berarti ibu hmail dapat memakan olahan durian berlebihan. Ada sebagian olahan durian yang memiliki proses pembuatan dan bahan bahan lain yang mungkin akan akan menentukan kandungan nutrisi untuk kesehatan ibu hamil.
Es cream durian mengandung lemak cukup tinggi dan kandungan gula berlebih. Hal tersebut dikhawatirkan jika dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan untuk ibu dan janinnya. Batasan konsumsi lemak dan gula sangat penting dalam menentukan berat badan bayi, hal tersebut mengakibatkan bayi yang lahir memiliki berat badan berlebih dan beresiko mengalami operasi caesar saat persalinan. Tempoyakmerupaka olahan durian yang telah difermentasi. Tempoyak kurang disarankan, alasannya yaitu karena dapat menggangu kesehatan pencernaan ibu hamil.
Jadi, anggapan masyarakat mengenai makan buah durian saat sedang hamil yang mampu mengakibatkan bayi kepanasan adalah tidak benar. Hal ini dikarenakan jika ibu hamil mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat maka resiko gangguan yang dapat disebabkan oleh kandungan zat durian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *