Ada Kista Saat Hamil, Bahayakah?

Diposting pada
Ada kista saat hamil, bahayakah? Kista merupakan kantung yang berisikan cairan. Kista dapat muncul di inbdung telur. Kista ini dapat membuat wanita hamil merasa cemas. Ada kista saat kehamilan, apakah ini dapat menyebabklan keguguran?
Kista sebenarnya merupakan tumor jinak. Pada kehamilan, kista mungkin sebenarnya sudah ada sebelum ibu mengalami kehamilan. Seringnya kista akan terdeteksi jika seorang ibu hammil memeriksakan kehamilannya. Kista ini akan menjadi besar ketika hormon estrogen pada tubuh ibu hamil mengalami peningkatan.
Kista Pada Masa Kehamilan
Kista pada masa kehamilan apakah berbahaya? saathamil.com
Banyak lho wanita yang takut kista membuat mereka tidak bisa punya anak. Bahkan ada pula yang takut penyakit ini akan membuat penderitaan berkepanjangan karena berhubungan dengan aset kewanitaan mereka. Nah, oleh karena itu kita perlu mengenali kista yang jinak dan kista yang memang membuat kita beresiko bila berencana hamil. Sebelum kita parno duluan pada kista, ini lho dua jenis kista yang perlu kita kenali.
Wanita banyak yang takut dengan kista, karena kista dapat membuat wanita tidak memiliki anak. Ini karena kista dapat menyerang rahim. Sebenarnya kista ada beberapa jenis yaitu kista ovarium dan kista endometriosis. Kedua kista ini berbeda, ada yang berbahaya dan ada yang beresiko.
1. Kista Ovarium
Kista ovarium umumnya tidak berrbahaya. Walau begitu, jika ukuran kista mencapai 6-8 cm juga perlu diwaspadai. Apalagi kista ini muncul saat wanita sedang hamil. Sebenarnya kista ini tidak mengganggu kehamilan. Apabila Anda merasakan sakit, ini terjadi mungkin karena kista pecah. Kondisi kista seperti ini dapat menyebabkan bayi akan menjadi prematur. Sehingga dengan kondisi demikian ibu hamil perlu menghubungi dan konsultasi kepada dokter.
2. Kista Endometriosis
Kista jenis lainya yaitu kista endometriosis. Kista endometriosis ini terkadang memiliki bentuk yang tidak seperti kista. Bentuknya lebih mirip seperti kelenjar pada didnding rahim. Kista jenis ini tumbuh di luar rahim. Kista ini dapat membuat seorang wanita menjadi tidak subur, karena ia dapat melepas sel telur matang. Selain itu kista ini juga menyulitkan penangkapan sel telur oleh tuba falopi. Jika seorang wanita memiliki kista endometriosis maka ia akan sulit hamil. Dapat tidaknya seorang wanita untuk hamil ditentukan oleh stadiumnya. Apabila kista masih pada stadium 1 dan dua masih dapat terjadi hamil namun dengan perawatan. Sedangkan untuk kista endometriosis dengan stadium 3 sulit untuk mendapatkan anak.
Terkena kista saat hamil?
Tekena kista pada saat hamil tidak selalu berbahaya bagi kehamilan itu sendiri. Karena memang itu tergantung jenis kista yang diderita. Ada jenis kista yang dapat mengalami penyusutan. Kista yang terbentuk saat hamil juga tidak membahayakan nbamun ini akan membuat kram perut dan mulas.
Kista berbahaya poada ibu hamil yaitu terjadi karena adanya perubahan sel kanker. Dan inilah yang membuat keguguran atau juga prematur. Sehingga perlu deteksi lebih dini mengenai kista pada ibu hamil.
Apa yang harus dilakukan jika terkena kista?
Bagi wanita yang mengalami kista biasanya akan dilakukan operasi. Namun operasi atau tidaknya ditentukan oleh faktor ukuran seberapa besar kista dan juga usia. Karena memang ada kista yang dapoat secara berangsur menjadi sembuh.
Jadi sebenarrnya janga takut terlebih dahulu ketika terkena kista. Kita harus tahu jenis kista yang dialami, apakah berbahaya atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *