10 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Diposting pada
Apa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil? Banyak orang yang menganggap bahwa air kelapa muda dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil banyak lho. Misalnya saja, air kelapa ini dapat membuat air ketuban pada kandungan menjadi bersih, bayi yang dilahirkan nanti bersih kulitnya, rambutnya lebat dan matanya bening.
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Apa manfaat air kelapa untuk ibu hamil? saathamil.com
Berikut adalah beberapa manfaat  air kelapa muda untuk ibu hamil.
1. Air kelapa merupakan elektrolit alami
Perlu kita ketahui, ibu hamil memerlukan air yang banyak sehingga dapat terhindar dari dehidrasi, dan dengan meminum air kelapa secara langsung dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini mengingat air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin. Sehingga manfaat air kelapa tersebut dapat menjaga stamina tubuh.
Kalium merupakan zat yang berperan untuk menjaga tekanan darah serta kesehatan jantung. Kehilangan garam alami dapat digantikan dengan meminum air kelapa. Air kelapa juga adalah minuman isotonik alami dan memiliki mineral yang seimbang levelnya dengan darah kita.
2. Diuretik alami
Hal yang sering terjadi pada ibu yang sedang hamil yaituinfeksi saluran kemih. Air kelapa adalah solusi untuk masalah tersebut. Air kelapa ini memiliki manfaat untuk membersihkan saluran kemih serta melancarkan air seni. Sehingga manfaat air kelapa dapat membantu mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh.
3. Menjaga kekebalan tubuh
Kandungan air kelapa muda diantaranya yaitu protein, serat, mangan, dan vitamin C. Semua zat tersebut berperan dalam meningkatkan metabolisme Ibu di masa hamil. Air kelapa muda juga mampu menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari virus, bakteri serta jamur. Di dalam air kelapa muda mengandung asam lauric, kandungan tersebutlah yang mampu membantu melawan berbagai macam penyakit seperti HIV, herpes dan flu. Asam lauric pada air kelapa setara dengan air susu Ibu. Air kelapa muda berfungsi sebagai penawar racun, selain itu air kelapa muda juga steril.
4. Membantu sistem pencernaan
Plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung. Hal tersebut membuat pencernaan menjadi lambat. Meminum air kelapa merupakan cara yang tepat untuk memperlancar pencernaan. Air kelapa mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah diserap sel tubuh. Air kelapa ini juga mampu meningkatkan fungsi usus, membersihkan cacing usus dan dapat meringankan konstipasi, mulas dan gangguan pencernaan lain.
5. Meningkatkan HDL
Air kelapa berfungsi dalam meningkatkan kolestrol baik (HDL). Air kelapa ini bebas lemak dan kolesterol jahat. Oleh karena itu, Ibu hamil tidak usah takut meminum air kelapa. Air kelapa mampu membantu menjaga kadar kolestero. Hal tersebut membuat ibu hamil tidak memiliki badan yang menjadi lebih gemuk.
6. Mencegah Kaki Kram
Ibu hamil juga dapat terkena kaki kram, ini seiring usia kehamilan yang bertambah. Kurangnya kalium dalam tubuh mengakibatkan kaki menjadi kram. Manfaat air kelapa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya.
Air kelapa mengandung kalium. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 4.700 mg kalium. Dalam segelas besar atau setara dengan 330 ml air kelapa mengandung 670 mg kalium. Sehingga dengan meminum air kelapa selama kehamilan, ia mampu membantu menjaga kadar kalium dalam tubuh.
7. Menjaga berat badan
Berat badan yang bertambah setelah melahirkan adalah salah satu hal yang ditakuti ibu hamil. Mengkonsumsi air kelapa adalah solusinya. Karena dalam secangkir air kelapa hanya mengandung sekitar 46 kalori dan sekitar 95 persen adalah air. Air kelapa ini juga bukan minuman yang mengandung kolesterol. Sehingga ia merupakan pilihan minuman yang tepat untuk menjaga kesehatan saat ibu sedang hamil.
8. Mencegah dan mengatasi keluhan heartburn / panas dalam
Keluhan panas dalam adalah salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil. Dada terasa seperti terbakar dan panas. Hal yang demikian ini tentu akan sangat mengganggu. Solusi heartburn salah satunya yaitu dengan minum air kelapa muda. Rasa dan kemurnian air kelapa muda mampu menyegarkan ketika dikonsumsi. Selain itu, ia merupakan elektrolit yang alami.
9. Membantu morning sickness
Morning sickness merupakan suatu gejala mual dan muntah. Ini adalah hal yang umum terjadi di masa awal kehamilan. Gejala tersebut adalah efek yang disebabkan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Di berbagai negara, air kelapa ini sudah dipercaya sebagai antidote muntah terhadap penyakit-penyakit serius. Sehingga air kelapa dapat membantu ibu hamil mengatasi untuk keluhan seperti pusing, mual dan muntah.
10. Menjaga suhu tubuh
Hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil saah satunya yaitu merasa kepanasan. Air kelapa dapat dikonsumsi untuk membantu mendinginkan dan menjaga suhu tubuh. Air kelapa dapat membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Sehingga mampu menyeimbangkan pH dan temperatur tubuh agar stabil.
Jadi, apakah Anda masih ragu dan mempertanyakan “Bahayakah minum air kelapa muda saat kehamilan?”. Mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya mengonsumsi sesuatu dengan seimbang terutama ketika masa kehamilan. Sudah tau kan manfaat air kelapa ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *